Sabtu, 14 Januari 2017

Review: Maybelline V-Face Collection, Smaller V Face Look in a NY Minute!


Assalamualaikum,
Sebenernya ini postingan udah agak lawas banget dari eventnya, bisa dibilang setahun yang lalu kalau mau dibuat hiperbola 😁  ketika ramai-ramai euphoria HARBOLNAS alias Hari Belanja Online Nasional. Waktu itu penawaran menarik datang dari LAZADA begitu aku lihat produk-produk ini banting harga semua dengan sangat terpaksa aku beli.

Karena memang sudah dari awal kemunculan aku ingin sekali mencoba hanya saja terbentur harganya yang agak kurang masuk sesuai dengan isi dompet pada saat itu. Begitu juga ketika aku menghadiri IMAE yang sangat mengharapkan
diskon yang lumayan ternyata tidak terlalu menarik juga. Jadi aku bersabar hingga waktunya tiba.

Dan,, kudapatkan juga akhirnya dengan harga yang cukup lumayan karena diskonnya hingga 70% pada saat itu. Nah sekarang moment of truth -nya apakah produk-produk ini bener-bener layak untuk diburu dan dikoleksi? Aku harapkan tetap baca sampai selesai ya, Ladies😘. 
Sedikit di awal sudah aku perlihatkan produk-produknya dan mungkin ada yang sudah tidak terlalu asing dengan brand yang satu ini, Maybelline dengan salah satu koleksi terbarunya yang diklaim bisa membuat wajah terlihat lebih tirus dengan mudah dan cepat. 

Siapa sih yang ngga mau terlihat lebih tirus wajahnya? Aku pribadi kadang mesti mengeluarkan effort yang cukup untuk mewujudkan hal tersebut. Maybelline mencoba mengatasi masalah tersebut dengan menghadirkan Seri V Face dari Face Studio Maybelline. Produk pertama yang mau aku ceritakan yaitu Maybelline V Face Blush Contour. Mungkin tampilannya sedikit berbeda dengan palette yang beredar di luar sana, karena jika kalian mengunjungi website Maybelline New York yang akan kalian temui seperti ini tampilan palettenya,
Credit: Maybelline NY Website
  
Aku juga belum lihat secara langsung namun sekilas terlihat hampir sama isinya yaitu terdiri dari blush on, contour, highlight. Hanya kemasan dan bentuk palettenya yang berbeda. Pssst.. menurutku malah yang dikeluarkan di Indonesia komposisi produknya lebih sedikit *imo*. Oke terlepas dari itu semua Maybelline V Face Blush Contour ini memiliki kemasan yang terbuat dari plastik hitam glossy dengan tampilan muka dibuat transaparan sehingga kita bisa lihat langsung warnanya.

Sayangnya palette ini tidak dilengkapi dengan cermin menjadikannya tidak terlalu travel friendly. Ukuran kuas disesuaikan dengan palettenya.Ukuran kuas yang disediakan sangat kecil namun memiliki helaian bulu yang cukup halus. Tapi di tutorial singkat yang aku buat lebih memilih memakai Real Techniques Contour Brush dari seri Core Collection untuk mengambil produk yang disinyalir berfungsi untuk membuat shading (warna coklat) dan menggunakan Real Techniques Setting Brush untuk bagian blush dan highlight.


Untuk swatch Maybelline  V Face Blush Contour aku aplikasikan di tangan dengan harapan warna aslinyaterlihat karena biasanya jika sudah memakai base makeup biasanya warnanya sedikit menjadi berbeda.

Maybelline V-Face Blush Contour-Red

Maybelline V Face Blush Contour Red

Tekstur: 
Powdery,terutama untuk warna blush nya (peach kemerahan).

Pigmentasi: 
Terlihat di sini warna coklat muda yang seharusnya dipakai untuk membuat shading terlalu soft. Warna Blushnya (segitiga yang paling besar) antara nyata dan tidak karena pada saat swatch ini aku mengoleskan beberapa kali untuk mendapatkan warna seperti ini. Jadi bisa dibayangkan jika hanya sedikit saja warnanya mungkin tidak terlalu nyata. Hasilnya tidak 100% matte untuk blush-nya. Warna soft peach dengan sedikit sekali shimmer ini sheer juga jadi kita tidak akan mendapatkan highlight yang terlalu mentereng. Mungkin buat kalian yang suka tampilan natural glowy bisa coba palette ini.



Maybelline V-Face Blush Contour- Pink





Maybelline V Face Blush Contour Pink

Tekstur:
Tidak se-powdery blush palette sebelumnya,tektstur halus cenderung buttery.

Pigmentasi:
Warna coklatnya sangat soft bahkan terlihat hampir seperti warna kulitku ketika diswatch.
Warna blushnya baby pink dengan hasil akhir semi matte.
Warna highlightnya sekilas hampir sama dengan palette blush Red hanya saja yang ini warna pinknya lebih terang hingga mendekati putih

Maybelline V Face Blush Contour ini juga punya panduan singkat yang disertakan pada bagian belakang kemasan. Jadi kalau boleh kubilang palette ini sangat berguna untuk yang masih belajar membuat shading karena dalam satu kemasan kita mendapatkan 3 macam produk sekaligus.


Next ada Maybelline V Face Duo Powder, shade yang kebetulan tinggal tersisa waktu itu hanya tinggal Medium Dark. Aku rasa walau namanya medium dark tetap terasa sedikit lebih terang untuk tone kulitku. Awalnya aku kurang paham konsep yang hendak ditawarkan dari powder ini. Karena tampilannya seperti TWC namun tanpa sponge sebagai aplikator melainkan kuas pipih berukuran sedang. Dan berita bahagianya powder ini dilengkapi cermin yang terletak dibagian bawah pan powdernya. Kemasannya cukup compact untuk dibawa bepergian.


Dari satu lingkaran ini dibagi menjadi 2 bagian yaitu bagian yang terang berfungsi sebagai highlighter dan bagian yang gelap sebagai contour, TAPI kalau di swatch secara bersamaan Maybelline V Face Duo Powder ini bakal jadi powder yang tone warnanya masuk banget untuk kulit wajahku. Hanya saja dia memiliki sedikit shimmer jadi kalau dipakai sebagai bedak bakal terlihat glowy.
Pigmentasi
Kalau aku swatch langsung pada kulit tangan hasilnya nyaris tak terlihat. Mungkin kalian harus meng-klik foto dibawah ini. Shimmer pada bagian yang diklaim sebagai highlighter tidak terlalu kentara jadi kayaknya kurang kuat untuk dijadikan highlighter untuk mereka yang suka banget pakai highlighter yang tampak nyata.
Sementara untuk bagian yang gelap kurang bisa dijadikan contour yang bakal kasih perbedaan signifikan karena warna coklatnya cenderung soft dan mendekati warna kulit. 

Tekstur
Kedua warna powder ini memiliki tekstur yang halus namun powdery. Halus di sini memang bener-bener halus. Mudah diambil oleh kuas aplikatornya atau kuas lainnya. Sementara aku belum mencoba menggunakan sponge untuk mengaplikasikan produk ini.


Seperti palette blush on tadi V Face Duo Powder ini juga punya cara penggunaan yang terletak dibagian belakang kemasan. Awalnya aku kurang mengerti dengan yang dimaksud oleh taglinenya  
"Smaller V Face look in a NY minute" aku pikir ada typo cuma setelah aku mampir ke website Maybelline NY mungkin maksudnya " in a NY minute" itu bisa dengan cepat mendapatkan tampilan wajah yang lebih tirus, mengingat New Yor (NY) salah satu kota tersibuk juga. Jadi harus serba cepat *imo*. 


Terakhir, Maybelline V Face Duo Stick. Kalau yang ini bener-bener wajib kamu coba deh. Kenapa? karena ini PRAKTIS banget! Contour dan highlight dalam satu produk. Kalau ngga apa kuas atau sponge cukup diblend dengan jari. Bentuknya juga tidak terlalu makan tempat hanya sedikit lebih besar dari NYX Jumbo Eye Pencils. Namun V Face Duo Stick ini tidak perlu diraut cukup diputar saja.


Credit: Maybelline NY Website
Kalau hasil browsingku sih malah dapetin bentuk yang berbeda namun fungsi yang sama dari Maybelline NY hanya saja namanya jadi Master Contour dan tidak memiliki double ended seperti yang ada di Indonesia. Melainkan satu produk dibagi 2 sisi saling menempel antara contour dan highlighter.

Pigmentasi
Aku langsung jatuh cinta sama produk ini selain dari sisi kepraktisannya, produk ini punya pigmentasi yang baik. Oh iya hampir lupa, shade yang aku dapatkan ini yaitu medium dengan warna coklat yang tidak terlalu gelap juga tidak terlalu muda dan sedikit hint kuning/oranye. Untuk highlighternya dia memiliki warna cream-ivory dengan shimmer tentunya. Cuma entah kenapa yang tertangkap kamera HP-ku warna ketika aku swatch menjadi putih shimmer.


Tekstur
Maybelline V Face Duo Stick ini memiliki tekstur yang creamy dan sangat mudah diblend untuk bagian contournya. Sayangnya untuk bagian highlighternya dia agak patchy, agak kering dan susah dibaur. Apalagi kalau kita mau mengaplikasikan highlighter ini di atas riasan yang didapat malah akan merusak riasan. Agak tricky memang penggunaanya. Satu lagi pesan dariku sebaiknya hati-hati ketika hendak mengaplikasikan bagian untuk membuat shading karena sangat rentan patah. Punyaku ini baru 2 kali pemakaian sudah patah 😭😭😭 jadi bentuknya sudah kurang bagus.


 

Bagaimana? sudah bisa diputuskan mau mencoba yang mana terlebih dahulu?
Kalau masih bingung aku kasih sedikit rangkumannya plus-minusnya kita mulai dari;

-Maybelline V Face Blush Contour

  • Tekstur powdery
  • Pigmentasi tidak terlalu baik
  • tidak memiliki kaca/cermin
  • tidak ada pemisah antara blush,contour,highlight
  • kemasan cukup compact
  • produk 3 in 1, jadi tidak perlu membawa blush on, contour dan highlighter secara terpisah

-Maybelline V Face Duo Powder
  • Tekstur sedikit powdery
  • mudah dibaur
  • bagian contour tidak terlalu nyata
  • jika diswatch semua bagian akan menghasilkan bedak dengan shimmer
  • memiliki aplikator dan cermin
  • kemasan compact
-Maybelline V Face Duo Stick
  • Tekstur creamy (untuk bagian contour)
  • kemasan travel friendly
  • mudah diaplikasikan
  • mudah dibaur
  • bagian highlighter sedikit kering dan susah dibaur
  • mudah patah
Untuk harga aslinya di counter Maybelline sendiri aku kurang hafal detailnya kalau ngga salah harganya diatas 100K untuk setiap itemnya. Lebih jelasnya kalian bisa cek langsung counter Maybelline terdekat. Kalau aku karena beli sedang promo HARBOLNAS masing-masing produk aku dapatkan kisaran harga 70K-90K.

Tapi walau ada plus dan minusnya aku rasa Maybelline V Face Collection ini cukup bisa mengakomodasi kalian yang mau belajar membuat contour pada wajah. Hanya tinggal pilih saja mana produk yang sekiranya cocok dan mudah dipakai. Pilihan aku kembalikan pada kalian πŸ˜‰.
Berdasarkan pengalaman pribadi dari ketiga macam produk contouring ini yang paling menghasilkan muka "TERLIHAT" lebih tirus yaitu Maybelline V Face Duo Stick dan Maybelline V Face Duo Powder karena tekstur keduanya kalau dikombinasikan hasilnya cukup bagus di mukaku walaupun mungkin tidak bisa terlihat sangat tirus setidaknya memberi dimensi pada muka.

Sebelum berpisah aku buatkan tutorial singkat menggunakan produk-produk Maybelline V Face Collection bagaimana caraku memakainya. Semoga terinspirasi dan sampai jumpa lagi.



2 komentar:

  1. Seri yang ini kurang hype ya kayaknya πŸ˜‚

    Tulisan mak Hani makin keceee

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya nih kyknya..mungkin masih kurang sosialisasi :D

      Hapus

Jangan lupa sertakan nama dan alamat blognya (kalo ada)