Sabtu, 25 Februari 2017

Berlibur Ke Toei Uzumasa Eigamura

Kali ini aku mau bahas mengenai theme park yang terkenal di Kyoto, yaitu The Toei Uzumasa Eigamura (Kyoto Studio Park atau Movie Land). Theme park yang satu ini menyajikan suasana bernuansa jaman edo kuno/tradisional, dimana sering digunakan untuk menjadi setting film dokumenter, sejarah, samurai, drama dan sejenisnya. Di taman ini juga terdapat replica Nihonbashi Bridge lama, gedung pengadilan tradisional, pos polisi periode meiji. Kota ini juga terdapat beberapa aktifitas yang menggambarkan keadaan jaman edo dulu
, dan dimana pengunjung dapat melihat dan merasakan gambaran kampung di Jepang pada jaman edo.


Untuk mencapai tempat ini aku mendapatkan rekomendasi dari HISGO (Online Travel Agent) untuk melakukan booking untuk Paket Tour jika ingin pergi ke Jepang, karena menurut mereka akan lebih murah daripada melakukan pemesanan terpisah pisah untuk wisata ke Jepang, bisa dibayangkan mahal dan habis waktu yang dibutuhkan, mulai dari beli tiket pesawat, JRPass, Kereta dan akomodasi lainnya. Untuk mengurangi waktu pemesanan HIS sudah meluncurkan produk dengan nama HAnavi, sebuah kerjasama antara HIS dengan ANA (airlines jepang) untuk memudahkan kita melakukan pemesanan tiket ke Jepang.

Ketika kita sampai di Tokyo, kita bisa menggunakan JRPassuntuk melakukan perjalanan dengan kereta dari Tokyo ke Kyoto dengan sinkansen (dengan estimasi 160 menit jika menggunakan kereta Hikari atau 4 jam jika menggunakan kereta kodama). Posisi dari theme park ini 5 menit dari statsiun Uzumasa-Koryuji di Keifuku Arashiyama Line dimana perjalanan kesitu sekitar 10 menit, dengan kisaran harga ¥ 210 dari Shijo-Omiya atau Arashiyama atau sekitar 15 menit berjalan kaki dari stasiun JR Hanazono dimana perjalanannya sekitar 10 menit, dengan kisaran harga ¥ 200 dari Stasiun Kyoto.



Adapun cara lain untuk pergi ke Kyoto dari Tokyo yaitu dengan menggunakan pesawat dari bandara Haneda Tokyo dan turun di Osaka itami di Kyoto, dimana perjalanan kurang lebih 3-4 Jam di udara dengan harga tiket berkisar 1000.000 rupiah / 9000 yen ketika “off season”.



Eigamura juga memiliki beberapa objek wisata dan hiburan untuk para pengunjung, termasuk pertunjukan Ninja, labirin Ninja, teater 3D (360 derajat), demo film, dan rumah hantu yang diklaim menjadi salah satu yang paling menakutkan di Jepang. Beberapa objek ini memerlukan biaya masuk tambahan. Ada juga pameran tentang serial TV populer, games, restoran dan toko-toko suvenir.

Disini juga memungkinkan para pengunjung untuk berdandan dengan gaun periode edo/jepang tradisional dimana ada 30 jenis yang berbeda yang dapat dicoba dan untuk difoto termasuk samurai, geisha dan Ninja (dari 8500 sampai 16.000 yen). Kostum-kostum tsb bisa juga digunakan saat pengunjung berjalan jalan di theme park ini.

Jam buka untuk theme park ini adalah jam 9 pagi sampai jam 5 sore untuk bulan maret hingga November, sedangkan desember sampai februari theme park ini buka dari jam 9.30 sampai 16.30, terkadang jam buka theme park ini diperpanjang bergantung dengan tingkat keramaian pengunjung dan musim liburan. Tiket masuk max dapat dibeli 1 jam sebelum jam tutup. Biaya yang dikeluarkan untuk masuk adalah berkisar 2200 yen atau sekitar 300.000 rupiah dengan nilai tukar rupiah yang paling rendah. Memang tidak terlalu mahal sepertinya tapi jika melihat dari beberapa aspek pengalaman yang ditawarkan maka harga ini terbilang murah, apalagi jika ini terkait dengan sejarah jepang atau jepang lama/tradisional, sangat sulit untuk ditemui lagi sekarang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jangan lupa sertakan nama dan alamat blognya (kalo ada)