Minggu, 09 Juli 2017

Carousell, Kemudahan Jual Beli Dalam Genggaman

Pernah ngga kalian punya banyak barang yang jarang dipakai tapi sayang kalau mesti dibuang? Apalagi kalau masa expired-nya masih lumayan lama atau kalian punya satu jenis barang yang sama tapi ada beberapa jumlahnya dan ngga mungkin juga kalian pakai semua. Biasanya gimana sih kalian menyiasatinya? 

Kalau aku sih cenderung untuk menjual barang-barang pre-loved atau barang bekas yang kondisinya masih bagus dan layak pakai tentunya. Sudah pasti barang yang dijual ngga jauh-jauh dari kosmetik dan teman-temannya
. Dulu sih biasanya aku jual melalui grup yang sebenarnya dari segi keamanan agak riskan juga karena agak bingung juga kalau menemukan pembeli yang "nakal". Biasanya kita mesti repot mencari si pembeli atau merelakan begitu saja karena kurang aman dan tidak ada sistem   yang dibuat untuk mengawasi setiap aktivitas.

Aku lebih suka jika melakukan jual beli menggunakan pihak ketiga sebagai perantara antar pembeli dan penjual. Lebih membuat rasa aman dan nyaman ketika bertransaksi karena aku yakin jika terjadi hal yang tidak diinginkan kita bisa meminta bantuan pada pihak ketika tersebut. Sekarang ini banyak sekali muncul wadah jual beli yang menampung penjual dan pembeli dari seluruh Indonesia bahkan hingga ke mancanegara. Tapi yang mau aku bahas kali ini yaitu satu aplikasi yang memudahkan kita melakukan jual beli hanya dengan menggunakan smartphone kalian, penasaran? Keep scrooling!

Ada yang sudah pernah dengar tentang aplikasi bernama Carousell?


Carousell adalah aplikasi yang luar biasa dimana kalian bisa menjual dan membeli hampir apa saja mulai dari kosmetik hingga kebutuhan rumah tangga. Dan kalian bisa mengobrol langsung dengan para penjual dan pembeli untuk menawar harga yang diinginkan. Dan apabila sudah menemukan kesepakatan kalian bisa langsung menentukan bagaimana cara pembayaran hingga pengiriman barang. Jangan lupa untuk selalu memberikan feedback untuk penjual dan pembeli setelah kesepakatan terjadi dan penjual bisa mengedit barang dagangannya dari list.



Masih belum paham? Aku yakin kalau langsung dipraktekkan pasti lebih mudah karena ngga banyak makan waktu untuk menjual satu buah barang, kalian hanya memerlukan kurang lebih 30 detik untuk membuat daftar barang yang akan dijual. Caranya mudah banget kalian hanya perlu mendownload aplikasi Carousell pada smartphone, untuk kalian yang memiliki smartphone dengan sistem operasi Android bisa download ke Android Play Store atau untuk smartphone dengan sistem operasi iOS bisa ke iOS App Store

Tampilan aplikasi di smartphone Android
Setelah mendownload aplikasi kalian akan diminta untuk membuat akun dengan beberapa metode Log In, kalau aku lebih suka menggunakan email agar lebih mudah tersinkronisasi dan lebih mudah terpantau karena sehari-hari pasti mengecek email. Pilih email yang biasa kalian pakai untuk memudahkan.


Setelah itu kalian akan diminta memasukan keterangan area kalian tinggal, itu untuk memudahkan pembeli mencari penjual yang lebih dekat dengan mereka karena bisa menghemat ongkos kirim. Data area domilisi kalian sudah dimasukan langsung kalian bisa mulai memasukan foto-foto yang akan digunakan untuk menjual barang. Saranku buat foto sebagus dan sejelas mungkin untuk memudahkan pembeli melihat barang dagangan kita. 




Untuk mengupload barang dagangan kalian hanya perlu me-klik icon kamera lalu mulai mengupload foto dari handphone. Usahakan sudah di resize ya karena di Carousell nantinya akan di crop jika ukuran foto terlalu besar. Lalu masukkan deskripsi produk yang akan dijual, pilih "Used" untuk barang Preloved dan keterangan lain yang menceritakan bagaimana kondisi produk. Sebaiknya tulis apa adanya ya.

Lalu klik icon ceklist (✓) yang ada di pojok kanan atas. Isi harga yang diinginkan dan metode pengiriman barang. Geser icon Twitter dan Facebook hingga menyala agar postingan kalian secara otomatis muncul di timeline social media tersebut. Itu sanga membantu untuk menarik lebih banyak pembeli. Klik icon ceklist lagi, Selesai! Kamu sudah berhasil membuat satu list barang yang akan dijual. Tinggal duduk manis menunggu pembeli.


It's Super Duper Easy!

Ada 20 lebih kategori yang bisa kalian cari sesuai dengan kebutuhan. Kalian bisa cek kategori lainnya seperti hobi photography yang saat ini sedang trend, di sana tersedia banyak sekali jenis kamera mulai dari kamera mirrorless hingga kamera action. Atau jika kalian memiliki hobi seperti yang suka banget mengoleksi produk-produk kosmetik tapi enggan untuk membeli dalam kondisi baru karena hanya ingin mencoba terlebih dahulu kalian bisa cek juga di kategori Health and Beauty.

Di Carousell kalian juga bisa bergabung dengan komunitas yang memiliki kesamaan minat dan hobi untuk memudahkan menemukan barang yang dicari atau menjual barang. Selain itu kita juga akan menambah info terbaru seputar hobi yang diminati dan dapat berkenalan dengan orang baru.



Pengalamanku pertama kali bergabung dengan Carousell cukup terkesan dengan kemudahannya karena aku tidak perlu membuka laptop atau komputer untuk membuat daftar barang yang akan dijual. Upload tiap fotonya cepat, aplikasinya tidak mudah stuck akibat terlalu banyak foto. Kita bisa mengatur notifikasi untuk mengetahui apakah ada chat yang masuk atau ada pengguna Carousell lain yang mem-follow atau menyukai postingan kita. Dan aku menjual beberapa kosmetik pre loved   dan yang lebih seru di Carousell ini kita juga bisa mengiklankan jasa seperti aku yang mengiklankan jasa henna wedding jadi jangan lupa untuk mampir ke akun-ku ya di @simplybeautyme16

Dan aku kemarin beberapa item yang aku pajang sudah terjual, cepat sekali. Siang upload malam sudah sold. Satu hal yang perlu kalian ingat kalau mau bertransaksi tetap melakukan di Carousell jadi jangan sampai membawa transaksi keluar dari Carousell seperti meminta nomer handphone karena ingin melanjutkan percakapan lewat Whatsapp, SMS atau yang lainnya karena jika ada hal yang kurang berkenan akan lebih mudah melaporkan ke pihak Carousell. Selain itu selalu cek akun pembeli atau penjual yang mana akun-nya harus sudah terverifikasi oleh Carousell. Kalau mau COD (Cash On Delivery) usahakan untuk tetap menggunakan jasa transfer antar rekening dan kalau bisa jangan mau menerima uang cash. Cek barang dengan teliti sebelum melakukan pembayaran dan jika semua sudah selesai kalian bisa saling memberi feedback positive pada setiap akunnya.



Akun @Simplybeautyme16
Jadi tunggu apalagi? Coba deh cek lemari atau tas kosmetikmu barangkali ada yang bisa kalian masukkan dalam Carousell daripada tidak terpakai lebih baik bisa bermanfaat untuk orang lain, kalian bisa dapat tambahan pemasukan pula, seru banget kan! Yuk gabung Carousell!

Overall aplikasi ini sangat membantu untuk menjual produk-produk preloved, aman, cepat, praktis dan terpercaya. Sampai bertemu di Carousell jangan lupa untuk memfollow akun-ku.



2 komentar:

  1. aku udah nyoba buat account carousell dari beberapa bulan yang lalu mba.. tapi yang nawar ampun daaaaah, pada pinter banget.. wkwkwkwkwk.. sampe penjualnya kualahan..
    www.sistersdyne.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. ahaahhaah iya bener banget mba,, ternyata gini kali ya rasanya punya olshop
      tapi lumayan mba barang aku udah laku 2 hihihi

      Hapus

Jangan lupa sertakan nama dan alamat blognya (kalo ada)