Kamis, 23 November 2017

5 Kuliner Melegenda Di Makassar Yang Wajib Dicoba Saat Berlibur

Wisata kuliner menjadi salah satu wisata yang seringkali disambangi oleh wisatawan saat berkunjung ke suatu daerah, bahkan ada beberapa wisatawan yang sengaja berkunjung ke wilayah tertentu hanya untuk mencicipi kuliner yang tengah booming disana. Tidak heran karenanya jika wisata kuliner di daerah tertentu menjadi daya tarik wisatawan yang berkunjung, entah itu karena rasanya yang lezat atau karena keunikan dari kuliner yang disajikan.


Makasar juga menjadi salah satu kota wisata yang menawarkan beragam kuliner unik nan menggugah selera selain dari hotel di Makassar yang mudah dijumpai dengan harganya yang murah, mulai dari yang tradisional sampai modern atau bahkan berbagai kuliner yang telah melegenda keberadaanya seperti berbagai kuliner berikut ini.

      Bakso Bonto, Bakso Kikil


Photo: makassarkuliner.com

Kuliner Bakso memang menjadi salah satu kuliner favorit masyarakat Indonesia, ada banyak jenis bakso yang bermunculan saat ini termasuk salah satunya Bakso Bonto di wilayah Makassar. Kuliner yang berada di sudut pertigan Jl. Gunung Lompobattang dan Jl. Sungai Tallo telah ada semenjak tahun 60-an, salah satu kuliner yang selalu laris manis dan ramai disambangai wisatawan maupun penduduk lokal. Menu yang ditawarkan tentunya sangat lezat dan kabarnya kelezatan yang diberikan berbeda dengan bakso lainnya, Bakso Bonto daging serta kuahnya terbuat dari kikil dan tulang sumsum. Untuk cara penyajiannya sendiri sama seperti bakso umumnya.

      Coto Maros Harimau


Tidak lengkap rasanya jika menggunakan diskon hotel dari Reservasi untuk menginap di salah satu hotel di Makassar namun tidak mencicipi kuliner khas daerah tersebut, yakni Coto Maros Harimau yang telah dikenal karena legendanya. Warung sederhana yang berada di Jl, Harimau perempatan Monginsidi ini telah ada sejak tahun 1974, memiliki banyak pelanggan setia yang selalu menikmai menu soto yang ada di warung dengan konsep gerobak ini. Menyajikan menu kuliner soto yang disajikan dengan olahan daging serta kuahnya yang kental dan nikmat, tentu saja menu yang disajikan menggunakan resep yang sama selama bertahun-tahun.

      Sop Cendrawasih Mas Tomo



Cobalah pesan hotel di Makassar sekitar kawasan sekitaran Jl. Cendrawasih atau di berbagai kawasan yang dekat dengan lokasi ini, pasalnya di wilayah ini terdapat sebuat warung makan yang menyajikan kuliner meleggenda yang telah ada sejak 60 tahun lebih yang lalu dengan nama warung Sop Cendrawasih Mas Tomo.

Warung makan yang telah berdiri semenjak tahun 1952 ini masih tetap menggunakan resep turun temurun dalam pembuatan menu makanan yang disajikan, tentunya dengan cita rasa yang akan menggoyang lidah. Warung makan yang dikelola oleh generasi ke-5 berada di Jl. Cendrawasih no. 36 Makassar ini menawarkan menu sop, yang terbuat dari paduan rawon dan sop saudara dengan daging pilihan serta dilengkapi buras ukuran jumbo, kacang goreng, dan juga telur.

      Ayam Goreng Sulawesi


Kuliner yang telah ada semenjak tahun 1969 ini menyajikan menu ayam goreng bagi penikmatnya, menggunakan resep asli yang telah digunakan semenjak tahun 1969 lalu. Lokasinya sendiri berada di Jl. Sultan Hasanuddin no 17, ada beragam menu lain yang bisa dinikmati mulai dari sop ayam, ayam goteng, sup daging, perkedel dan sambal, otak-otak, sate ayam, dan ada juga menu tambahan seafood. Ada banyak diskon hotel di Reservasi untuk menginap di salah satu hotel di wilayah Makassar sehingga bisa menikmati kelezatan Ayam Goreng Sulawesi ini.

      Mie Hengki


Siapa yang tidak kenal dengan menu olahan mie, terutama mie kuah siap saji yang seringkali menemani anak kos saat kelaparan tengah malam. Meski sama-sama masuk kategori menu kuliner mie, namun kuliner mie yang melegenda di Makassar ini menjadi salah satu kuliner daya tarik wisatawan berkunjung ke kota ini yakni Mie Hengki.

Mie kering khas Makassar yang telah berdiri semenjak tahun 1980-an ini menawarkan kuliner lezat yang menggunakan resep sama selama puluhan tahun, untuk rasanya tentu tidak perlu ditanyakan lagi karena sudah pasti enak dan lezat. Mie Hengki ini bisa ditemukan di Jl. Nusantara 354 Makasar, ada banyak menu varian yang ditawarkan mulai dari mie kuah, mie panggang, mie hokian, mie kering, dan adapula menu sajian lainnya dari bihun.


Bagaimana sudah mencoba beragam menu kuliner melegenda yang ada di Makasar? menu kuliner dengan bumbu olahan yang disajikan tanpa mengubah resep dari puluhan tahun yang lalu tentu menjadi daya tarik yang tidak dapat terelakan, selain dari rasanya yang lezat tentunya menggunakan konsep original yang disajikan menjadikan keistimewaan tersendiri bagi penikmatnya. Ada banyak hotel di Makassar yang bisa dipesan jika ingin mencoba menjelajahi dan mencicipi berbagai kuliner melegenda di wilayah tersebut, selain kulinernya yang menarik namun kota Makassar juga memiliki beragam tempat wisata yang bisa dikunjungi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jangan lupa sertakan nama dan alamat blognya (kalo ada)