Kamis, 15 Februari 2018

Review: Compact Powder Favorite, " Catrice Prime and Fine Mattifying Powder-Translucent " , " LT Pro Dual Function Cake Powder Palette - 03 Dark "

  


Assalamualaikum,

Hai semua, kali ini aku akan mereview tentang bedak padat alias compact powder yang akhir-akhir ini paling sering digunakan. Beberapa orang memilih penggunaan bedak padat karena kepraktisannya. Kadang ada juga yang menggunakan bedak padat sebagai pengganti alas bedak untuk mereka yang ingin mendapatkan riasan yang tidak terlalu berat. Dan menurutku pemakaian bedak padat lebih luas lagi tidak hanya sebagai penyempurna riasan saja. Fungsi dari bedak padat yang paling sering digunakan yaitu untuk mengunci alas bedak agar terlihat lebih matte dan flawless. Tak jarang bedak padat digunakan untuk meratakan warna kulit dan membuat kulit terlihat lebih bersih dan fresh. Well, mungkin aku bukan ahlinya dalam hal ini tapi aku coba membagi pengalamanku menggunakan beberapa bedak padat di postingan kali ini.




Oh iya hampir lupa, kali ini aku berkesempatan untuk berkolaborasi lagi dengan teman-teman dari Komunitas Blogger dan Vlogger (KBBV) dengan tema "Bedak Padat Favorite". Sebenarnya bedak padat itu apa sih? berdasarkan hasil Googling 😄  bedak padat itu adalah bedak tabur yang dipadatkan, dibentuk jadi lebih compact karena fungsinya hampir sama dengan bedak tabur yaitu sebagai menyerap minyak di wajah agar tidak terlihat terlalu glowy yang untuk beberapa orang keadaan seperti ini agak mengganggu. Dan yang kurang suka menggunakan bedak tabur biasanya lebih memilih jenis bedak ini sebagai bagian dari tata rias wajahnya. 


CATRICE PRIME AND FINE MATTIFYING POWDER- TRANSLUCENT

Tanpa berlama-lama lagi kita mulai saja bahasan kali tentang bedak padat. Yang pertama mau aku bahas kali ini tidak lain dan tidak bukan lagi Catrice Prime and Fine Mattifying Powder. Mungkin dalam beberapa waktu ke depan kalian akan menemukan postingan tentang produk dari brand ini lagi. Karena memang aku sedang sangat penasaran untuk mencoba produk-produk dari Catrice Cosmetics jadi ngga sabar buat menanti sesuatu yang baru dari mereka ini. Karena kalau kalian kepoin akun Instagram Catrice yang aslinya pasti ikutan penasaran juga dan ngarep-ngarep produknya bakal cepat masuk ke Indonesia. Dan untuk menambah rasa penasaran kalian, di Guardian sedang banyak produk Catrice yang baru masuk lho 😏 , ngga pengen lihat apa?



 Ok, balik lagi ke bahasan bedak padat sebelum dihujat para netijen 😂 , Catrice Prime and Fine Mattifying Powder bedat padat yang ke-dua kalinya aku beli. Selain yang pertama sudah hitpan kemasannya pun sudah tercerai berai lantaran terjatuh. Bedak padat ini dikemas dalam compact berbahan plastik dengan bagian tutup kemasan berwarna hitam glossy dan plastik transparan pada bagian compact powder. Memiliki kaca yang berukuran sebesar kemasan tapi tanpa aplikator baik itu sponge, puff atau kuas yang umum ditemukan pada bedak padat. 


Sebenarnya aku lebih suka konsep seperti ini karena aku jarang sekali menggunakan aplikator bawaan bedak karena lebih suka menggunakan kuas besar untuk bedak tabur atau sponge secara terpisah. Kalau di counter-nya aku tidak menemukan warna lain dari bedak ini jadi kalian yang harap mendapatkan pilihan warna karena memang bedak ini fungsinya untuk menge-set foundation atau penyempurna riasan. 


" Silky, waterproof powder for a longlasting 
mattified and flawless complexion. 
Resists humidity. 
Fits every skintone. 
With soft-focus effect and Vitamin A+E "

Kalau bicara tekstur, Catrice Prime and Fine Mattifying Powder memang halus tapi bukan yang super halus gimana gitu jadi biasa saja seperti bedak padat pada umumnya. Malah kalau dirasa-rasa teksturnya agak mirip dengan Catrice Nude Illusion Loose Powder. Dan walaupun bedak ini disebut bedak translucent tapi kalau di pan kalian bisa lihat ada sedikit sekali warna kuning jadi warnanya ngga 100% dan ngga bisa dibilang "tidak berwarna" juga. Hanya saja kalau diaplikasikan ke tone kulit yang berbeda atau untuk mengeset foundation yang berbeda bedak ini tidak akan mengubah warna.




Jadi apa yang aku suka dari bedak padat ini sampai repurchased?
Terlepas dari teksturnya yang halus entah kenapa bedak ini udah cocok aja gitu kalau dipakai buat nge-set makeup. Bedak ini juga sebenarnya terasa agak kering. Walau sebenarnya hasil yang didapat di kulitku ngga 100% matte tapi aku suka hasilnya ngga bikin kulit terlihat berat dan tebal. Dan kalau untuk ketahanan aku ngga bisa bilang banyak karena banyak kontribusi produk lain seperti primer, pelembap, setting spray dan lainnya yang membuat suatu riasan bertahan lama. Tapi kalau pun boleh cerita ketahanan bedak ini hanya berlaku untuk beberapa jam dan aku jarang touch up kalau abis cuci muka (wudhu).




Jadi kalau lapisan bedak padatnya sudah mulai terkikis bakal ninggalin foundation yang masih bertahan di wajah. Sedangkan untuk coverage bedak ini sangat sheer kalau untuk dipakai tanpa alas bedak terlebih dahulu. Bedak padat ini dibandrol dengan harga yang menurutku masih masuk akal dan terjangkau, sesuai dengan kualitasnya, yaitu sekitar 87 ribuan untuk bedak padat yang terbilang sangat "kurus" ini dengan berat hanya 9 gram saja. Dan kalian bisa dapatkan secara online maupun offline karena produk-produk Catrice ini sebagian besar sudah masuk ke Indonesia.






LT PRO DUAL FUNCTION CAKE POWDER PALETTE - DARK 03

Kalau yang satu ini aku punya sudah cukup lama jauh sebelum mengenal Catrice Prime and Fine Mattifying Powder jadi harap maklum ya kalau warna kemasan sudah agak usang itu karena palette bedak ini lebih sering aku pakai untuk merias orang lain ketimbang untuk wajah sendiri. Mungkin palette ini sudah ngga asing lagi dikalangan para perias. Produk dalam negeri  dengan kualitas yang sudah tidak diragukan lagi. LT Pro Dual Function Cake Powder Palette ini sebenarnya ada 2 macam yaitu seri "Light" dan "Dark". Produk ini aku dapatkan ketika ikut workshop makeup bersama LT Pro dan Makeup Artist Ave Sanjaya di Bandung beberapa waktu lalu. Waktu itu dapat harga bagus karena ditukar voucher jadi hanya membayar 175 ribu saja sudah mendapatkan 3 warna bedak dalam satu palet.



Palettenya sendiri terbuat dari plastik tipis berwarna hitam matte, bahan seperti ini yang bikin kemasan mudah sekali terlihat kotor. Tanpa cermin dan tanpa aplikator jadi palette ini benar-benar hanya untuk membawa 3 warna bedak sekaligus. Dimensi palettenya lumayan tipis jadi tidak terlalu makan tempat kalau diletakkan dalam kotak atau koper kosmetik. Dan karena ini diisi dengan refil compact powder kalian bisa mix n match dengan warna lain sesuai dengan kebutuhan. Untuk harga satuan refill bedak padatnya sendiri aku kurang tahu karena palette ini sendiri harga normalnya bisa di atas 200 ribuan.






Ukuran pan tiap compact powder cukup besar dan bukan ukuran sample ya melainkan ukuran asli dari pan itu sendiri. LT Pro palette bedak yang aku punya ini adalah yang seri "Dark" yang menurutku warnanya lumayan umum untuk kebanyakan tone kulit orang Indonesia. Teksturnya halus dan mudah dibaurkan. Daya tutup medium hingga full tergantung pemakaian. Selain itu aku merasa bedak padat LT Pro ini tidak terasa kering seperti bedak padat Catrice tadi, masih terasa moist gitu. Sejak beli aku belum merubah konfigurasi warna dari palette ini, berikut deskripsi yang bisa aku jabarkan;
  • DD 01 : warna yang paling sering dipakai ini berupa warna creamy-beige dengan hint kuning 
  • DD 02 : warna cream dengan sedikit hint pink, aku berusaha keras untuk bisa menangkap warna tersebut dengan kamera
  • DD 03 : merupakan warna paling gelap dari palette ini, kadang aku pakai untuk bronzer atau shading ringan. Warna soft tan dengan sedikit sekali hint merah



Tapi tak jarang aku mencampur warna-warna bedak padat ini untuk mendapatkan tone yang sesuai dengan warna kulit klien. Kalau untuk tone kulitku sendiri paling sering pakai yang DD 01 dan paling suka mengaplikasikan menggunakan kuas besar untuk hasil yang terlihat lebih ringan dan flawless. Sedangkan pengaplikasian menggunakan sponge menghasilkan riasan yang terlihat lebih tebal. Biasanya kalau tugas alas bedak sudah bisa menutupi kekurangan pada kulit, bedak padat ini hanya sebagai pengunci di akhir riasan. Buat kalian yang pengen punya satu palette bedak padat, palette yang satu ini wajib banget di coba 👌




Semua balik lagi pada kebutuhan tiap individu dalam mencari bedak padat yang sesuai. Karena diluar sana banyak sekali bedak padat yang ditawarkan dengan fungsi dan range harga yang beragam. Oh iya kalian juga bisa lihat bedak padat favorite dari Gita Indraswari  sepertinya menarik untuk dicoba juga 😁

Sepertinya sampai di sini dulu, terima kasih banyak buat yang sudah mampir. Semoga sedikit bisa membantu buat kalian yang sedang mencari bedak padat yang bisa diandalkan.
Sampai bertemu lagi.





14 komentar:

  1. LT Pro itu praktis ya udah dapet 3 shade yang berbeda. Kadang aku kalo dapet kesempatan makeupin orang suka rempong di bedak sama foundie yang belum lengkap. Hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Shin, praktis banget deh kalau habis tinggal refil kan warna yg abis.

      Hapus
  2. LT Pro menggiurkan sekali ya.. Klo catrice ini dr dulu emang coba banget, tp berhubung slalu out of stock, jd beli yg seri lain deh.. Soalnya ada kacanya hahaa praktis jadinya ya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya kalau Catrice yang ini ada kacanya cuma tanpa aplikator.

      Hapus
  3. Yang Catrice si mattifying powder nya ada dua jenis ada yg waterproof ada yg biasa tp malah lbh cucok yg biasanya. tp jadi galau lagi pas baca oke buat ngeset foundie

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sampai dah hitpan satu punyaku hihihihihi.. kalau yang biasa itu yang wadahnya transparan bukan?

      Hapus
  4. Lt pro boleh jugaa Nih dicoba...
    Kayanya bakalan lebih simple kalo buat makeupin orang. Ngga rempong kalo lupa Bawa 1 shade 😂...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul sekali, kalaupun punya warna lebih dari 3 kan bisa diganti-ganti jadinya

      Hapus
  5. Aku juga pakai Catrice untuk nge-set makeup.. lumayan juga harganya gak terlalu mahal.. ltpro bikin penasaran,belum pernah coba bedak dari LT-pro

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya kalau dari segi harga dibandingkan LT Pro memang lebih murah Catrice dan kualitasnya juga ngga jelek

      Hapus
  6. Sejak jatuh cinta sama Eyeliner dan Mascara Catrice aku ngincer bedaknya sih. Sepertinya next bakal beli bedaknya Catrice (•ө•)♡

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah kamu cobain mascara yang mana? aku lagi cari mascara Catrice yg bagus nih

      Hapus
  7. Penasaran banget sama si catrice jdi pnehn coba.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba deh, cuma kalau yg ini ngga ada pilihan warna

      Hapus

Jangan lupa sertakan nama dan alamat blognya (kalo ada)