Selasa, 20 Februari 2018

Review: Kuas Eyeshadow Favorit





Assalamualaikum,

Kembali mendapatkan kesempatan berkolabirasi dalam bentuk review post dengan teman-teman dari Komunitas Beauty Blogger dan Vlogger (KBBV). Sebenarnya memang sudah lama berniat untuk membuat postingan tentang kuas favorite yang sering dipakai tapi karena jumlah yang ngga sedikit jadi bingung mana duluan yang harus direview  😜. Kebetulan tema kolaborasi kali ini adalah tentang kuas eyeshadow atau kuas- kuas yang lebih sering dipakai untuk membuat riasan pada mata, so pasti langsung daftar dong! Akhirnya dapet juga momennya untuk bisa berbagi cerita tentang kuas-kuas andalan yang selama ini sudah menemani melewati banyak powder, cream, serbuk eyeshadow.


Bahasan kali ini bakal agak sedikit panjang jadi aku sarankan untuk ambil cemilan dan minuman sebanyak mungkin. Dan tanpa berpanjang lebar lagi kita langsung saja mulai ya.



UNBRAND BRUSH


Kadang masih sering dipandang sebelah mata untuk para kuas tanpa merk alias unbrand ini. Tapi tak jarang juga kuas-kuas seperti ini punya kualitas yang tidak kalah dengan kuas bermerk yang ada dipasaran. Jujur saja aku juga punya beberapa kuas "tanpa nama" seperti ini dan menurutku sangat bisa dipakai dengan baik sesuai fungsinya. Walau memang kalau beli kuas seperti ini kita jadi agak menebak-nebak seperti apa performanya. Berikut adalah beberapa kuas tanpa merk yang paling sering aku pakai untuk membuat riasan mata. Karena tidak ada nama dan deskripsi produk jadi aku beri nama sesuai bentukan dan fungsi yang sering aku pakai saja. 

Small Flat Eyeshadow Brush

Kuas ini cukup padat dan berukuran kecil, berbahan sintetis  dengan potongan membulat pipih. Sering aku pakai untuk membaurkan eyeshadow di area garis bulumata bawah kalau bikin riasan smokey eyes atau untuk menambahkan highlighter pada sudut dalam mata dan bagian tulang alis.  Helaian bulu kuas ini tidak terlalu kasar tapi juga bukan helaian yang halus banget. Cocok untuk eyeshadow cream/mousse dan powder.


Flat Details Eyeshadow Brush



Kuas ini punya kepadatan helaian yang hampir mirip dengan kuas sebelumnya hanya saja bentuknya lebih meruncing pada bagian ujungnya. Biasa dipakai untuk detail seperti pembuatan garis, pengaplikasian highliter atau glitter cream pada sudut dalam mata. Kadang untuk menambahkan concealer atau foundation kalau mau bikin cut crease karena ukurannya yang kecil dengan mudah menjangkau lipatan kelopak mataku. Kuas ini juga berbahan sintetis dengan helaianya yang cukup halus.
Works well for cream eyeshadow, cream glitter, powder eyeshadow.



Eyebrow / Mascara Brush

Kuas ini aku punya stock beberapa buah karena sangat membantu untuk memperhalus bagian alis yang terlalu tebal atau untuk memisahkan bulumata dari maskara yang menggumpal. Sekilas memang seperti spoolie pada umumnya tapi kalau diteliti lagi kuas ini punya helaian yang agak kasar dengan ptongan yang hampir sama tidak ada panjang pendek dan tidak terlalu rapat antara helaiannya.

ARMANDO CARUSO BRUSH



Kalau kalian sudah membaca postinganku beberapa waktu lalu tentang salah satu set kuas dari Armando Caruso yaitu Armando Caruso Rose Quartz Eye Kit Brush pasti tidak asing lagi dengan beberapa kuas yang mau aku tunjukan kali ini. Karena ada yang berasal dari eye kit tersebut selain kuas Armando Caruso dari seri reguler yang sudah terlebih dahulu muncul di pasaran. Sudah cukup lama aku memiliki kuas Armando Caruso ini bahkan ada satu kuas yang terpaksa aku ganjal dengan tissu dan lem bulumata karena sudah mulai sering lepas dari gagangnya dan aku masih enggan untuk membuangnya karena bagian kuasnya masih bisa dipakai. 


Armando Caruso No 05 - Classic Eyeshadow Brush

Kuas ini memilki bentuk ujung kuas membulat tapi agak miring di satu sisi. Memang tidak terlihat jelas kalau dilihat sekilas tapi kalau diperhatikan salah satu sisinya tidak sama panjang. Kuas no 05 ini padat tapi tidak kaku, helaiannya halus dengan potongan yang tidak sama panjang pendek tiap helaiannya. Kuas ini bekerja baik untuk mengaplikasikan eyeshadow powder pada bagian kelopak mata. Memiliki handle kuas berwarna hitam yang cukup ringan terbuat dari bahan semacam plastik dan bagian kepala kuas yang terbuat dari logam. Harga kuas ini dipasaran sekitar 30 ribuan bisa lebih tergantung dimana kalian beli.






Armando Caruso No 06 - Medium Blending Brush

Nah ini kuas yang aku bilang sampai disumpel pakai tissu 😂  lantaran terlalu sering dipakai. Tapi tenang aja yang aku foto ini adalah pemain cadangan yang masih bagus. Kuas ini enak banget buat ngeblend area crease dan area garis bulumata bawah. Karena ukurannya yang tidak terlalu besar dan bagian ujung yang agak meruncing. Bisa dipakai untuk eyeshadow powder, cream/mousse.



Armando Caruso No 19 - Small Blending Brush

Sebenernya ukurannya ngga terlalu jauh beda dengan kuas No 06 hanya saja dibedakan oleh bagian pangkal kepala kuas yang dibuat lebih mengecil jadi keluarnya tidak lurus. Biasa dipakai untuk merapikan bauran eyeshadow yang terlihat masih terlalu tegas di bagian luar. Untuk membaurkan eyeshadow di lipatan kelopak mata juga bisa.
Potongan kuas ini sangat rapi dengan ujung yang membulat dan handle yang ringan. Bisa mengambil produk eyeshadow powder, mousse dan cream dengan baik.
Armando Caruso Rose Quartz - Shadow Brush

Kalau yang ini adalah kuas Armando Caruso yang paling "cewek banget" dengan blink-blink manik akrilik di dalam handle kuasnya agak berbeda dengan kuas Armando Caruso yang reguler. Salah satu kuas dari Rose Quartz Ultimate Eye Kit ini paling enak buat aplikasikan eyeshadow dengan tekstur apapun bahkan glitter ke bagian kelopak mata. Kuas ini cukup baik bisa mengantarkan produk hanya saja karena helaian kuasnya memilki warna yang terang untuk eyeshadow yang punya pigmentasi heboh macam Juvia's Place Palette


ORIFLAME PRECISION BRUSH





Bisa dibilang ini adalah "anak baruku" di keluarga kuas dan mungkin aku baru tahu kalau brand ini punya kuas. Yang bikin tertarik yaitu warna handle-nya yang kuning gading dan mereka punya blending brush sepertinya menarik untuk dicoba. Aku memang agak maniak sama blending brush karena masih dalam tahap belajar dan belajar aku pengen riasan mata yang dibikin itu halus bauran eyeshadownya dan rapi. Jadi ngga malu-maluin kalau dipajang di Social media. Sebenarnya aku beli beberapa macam hanya saja 3 kuas ini yang kebetulan paling aku sering aku pakai dan bisa bekerja dengan baik. Dari segi harga juga masih masuk akal kalau menurutku apalagi kalau sedang ada promo katalognya 😙 . 

Precision Angled Eyeshadow Brush

Kalau kalian suka pakai produk eyebrow dalam bentuk cream atau pomade yang kekinian, wajib punya kuas model seperti ini. Potongan kuas yang agak miring di bagian ujungnya dan memiliki kepadatan kuas yang pas, tidak terlalu keras, helaian yan rapat. Handle kuas ini terbuat dari kayu dengan bagian kepala kuas terbuat dari logam. Selain untuk membentuk alis, kuas ini juga bisa digunakan untuk membuat eyeliner yang bertekstur gel atau cream dan bisa juga untuk membaurkan eyeshadow pada garis bulumata bawah. 







Precision Blending Brush

Sebelumnya aku punya kuas yang potongannya hampir mirip seperti ini dari Masami Shuoko yaitu kode 219 hanya saja entah kenapa helaian kuasnya lebih kasar dari kuas Oriflame ini. Modelnya kuasnya menyebar dan halus. Selain itu tidak kaku jadi gampang banget dipakai untuk merapikan eyeshadow yang belum terbaur sempurna.  Selain itu kuas ini juga bisa digunakan untuk mengaplikasikan highlighter pada bagian tulang hidung, cupid's bow, dan tulang alis.







Precision Concealer Brush

Seperti namanya kuas ini cocok banget untuk mengapikasikan concealer baik itu yang tertekstur cair atau cream padat. Tapi tak jarang juga aku pakai untuk menambahkan concealer atau foundation pada kelopak mata ketika membuat cut crease. Potongan kuasnya sangat rapat dengan bagian ujung kepala kuas membulat tapi kalau dilihat dengan seksama ukuran helaian bulu sebenarnya tidak sama ada yang panjang dan pendek. 










Dari semua kuas-kuas ini apakah ada kuas favorit kalian juga?
Kalau buatku sebenarnya merk ngga terlalu jadi masalah yang penting kuasnya enak dipakai dan bisa berfungsi dengan baik sesuai kebutuhan. Baiklah sekarang mau aku buat rangkuman tentang hal-hal yang aku suka dan tidak suka dari tiap kuas / brand;

Unbrand Brush
Plus (+)
💜  Harga cenderung lebih murah
💜  mudah didapatkan
💜  Kadang kualitas lebih bagus daripada yang bermerk

minus (-)
💔  tidak ada keterangan apakah sintetis atau bukan
💔 kadang menemukan potongan yang kurang rapi

Armando Caruso Brush
Plus (+)
💜  Handle ringan
💜  Helaian bulu kuas halus
💜  Harga terjangkau, rata-rata yang aku pakai ini harganya dibawah 50 ribu. Kecuali kuas set
💜  Potongan kuas rapi dan presisi ( so far sih belum pernah dapet yang jelek)
💜  Mudah didapatkan baik online atau offline
💜  Pilihan kuas banyak
Minus (-)
Sampai saat ini belum ada 😉

Oriflame Precision Brush
Plus (+)
💜  Handle ringan
💜  Harga terjangkau (setidaknya untuk kuas eyeshadow harganya ngga lebih dari 50 ribu)
💜  pilihan banyak
💜  Kokoh
💜  Helaian bulu kuas halus
💜  Mudah dibersihkan
💜  Potongan kuas presisi dan rapi
Minus (-)
Sampai saat ini belum ada 😉

Eh iya jangan lupa juga untuk kepoin kuas eyeshadow favorit dari Sari Widiarti yang pasti koleksinya lebih heboh dan siapa tahu ada koleksiknya yang jadi favorit kalian juga. Kalau aku sih sampai di sini dulu, terima kasih banyak buat yang sudah mampir, sampai ketemu lagi.






11 komentar:

  1. Yang Oriflame juga favorit aku mba, yang Precision Angled brush nya aku pake tiap hari untuk aplikasi eyebrow pomade, awalnya beli karena lihat diskon dikatalognya eh ternyata bagus kuasnya :)

    https://ditazaharastories.blogspot.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. yeaay ada yang dah cobain juga, enak dipakainya kan aku sampai beli 2 kmrn pas ada promo katalog :D

      Hapus
  2. Kl kuas armando di aq agak kaku huhu pdhl harganya lumayan

    www.lucyanaliu.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. kaku gimana lucy? apa karena masih baru mungkin?

      Hapus
  3. Wahh aku baru tau loh oriflame punya kuas juga.. Karena yg biasa aku denger tuh bh coametic, ecotools, real technique, mashami shouko, tammia, trendy armando caruso sama yg baru2 ini ngehype tuh kuasnya si brand miniso haha.. Unbrand tuh enaknya murce yaaa dan kadang kw-an brand luar pula ha ha ha antara seneng dan sedih.. Yang penting good quality 👌

    BalasHapus
    Balasan
    1. ah iya si miniso ini juga menarik untuk dicoba, cuma nanti deh kalau ada rejeki dadakan secara kuas unbrand doang sampe segitu harganya ahahahaah (ogah rugi). harganya kuas miniso tambahin dikit dapet armando 2 biji hehehe

      Hapus
  4. Seringnya yang unbrand satu paket ada yang bulunya halus, eh ada juga yang kasar 😁

    BalasHapus
  5. kayanya yang rose quarts itu lucu yah. selama ini gw cuma beli kuas berdasarkan fungsi aja..jadi mostly warnanya ya item doank dan belom pernah kepikiran beli yang warna warni. padahal mayan lucu juga yaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mak soalnya aku ngga bisa liat yang blink-blink unyu gini mak

      Hapus
  6. Brush armando caruso yg no 19 bagus nih cocok buat blend eyeshadow di mata sipit ku...

    BalasHapus

Jangan lupa sertakan nama dan alamat blognya (kalo ada)