Rabu, 08 Agustus 2018

5 Tips Mengatasi Kerontokan Rambut Berhijab


5 Tips Mengatasi Kerontokan Rambut Berhijab


Sebenarnya rambut yang rontok itu adalah sesuatu yang alami karena pada dasarnya rambut juga memiliki siklus pertumbuhan yang mana jika sudah memasuki masa pergantian rambut baru maka akan rontok dengan sendirinya. Batas wajar rambut yang rontok diantara 1-50 helai per hari namun jika sudah melebihi batas kewajaran tersebut maka sebaiknya mulai diperhatikan dan dicari solusi agar kerontokan tidak semakin menjadi.


Beberapa hal yang dapat menyebabkan kerontokan rambut diantaranya yang paling sering terjadi yaitu stress secara emosional, kadang tanpa disadari hal tersebut terjadi pada kita. Selain itu hal lain yang bisa juga menyebabkan rambut rontok diantaranya ;

  • Masalah hormonal, biasa terjadi pada wanita seusai melahirkan
  • Menderita suatu penyakit
  • Perubahan pola makan
  • Kekurangan zat besi, Zinc dan protein
  • Mengonsumsi obat-obatan tertentu
  • Penggunaan produk perawatan kulit kepala yang tidak sesuai
  • Aktivitas kimiawi pada rambut seperti mewarnai, meluruskan dsb.
Tapi yang ingin aku bahas kali ini adalah kerontokan rambut yang biasa terjadi pada wanita yang berhijab. Aku yakin teman-teman sekalian pasti ada yang mengalami masalah yang serupa semenjak menggunakan hijab. Lalu apakah hal tersebut menjadi halangan untuk menggunakan hijab? Tentu saja TIDAK karena kembali lagi kerontokan rambut adalah hal yang wajar, tidak hanya dialami wanita yang tidak berhijab saja bahkan pria pun ada yang mengalami hal seperti ini. Untuk wanita yang berhijab hal yang menyebabkan rontoknya rambut selain beberapa contoh diatas biasanya karena perawatannya kurang maksimal. Jangan salah lho walaupun rambut selalu tertutup, tetap harus dirawat.

Perawatan rambut tidak harus mahal dan tidak perlu memakan waktu berjam-jam di salon. Apalagi untuk ibu rumah tangga yang jarang ada waktu untuk memanjakan diri kadang agak melupakan pentingnya merawat diri. Mungkin beberapa tips merawat rambut berhijab ini bisa dicoba di rumah karena jujur saja aku juga sudah jarang sekali mengunjungi salon jadi lebih mencari alternatif yang lebih cepat dan praktis. 

1. Pemilihan Shampoo

Dimulai dari pemilihan produk untuk membersihkan rambut yang mana rambut berhijab cenderung lebih mudah lepek dan berbau kurang sedap akibat keringat yang tertahan ketika menggunakan hijab. Pilihlah produk shampoo yang tidak mengandung deterjen dan berbahan alami seperti ekstrak gingseng yang bisa membantu mengurangi kerontokan rambut. Kenapa memilih shampoo yang tidak mengandung zat deterjen atau yang sering disebut SLS? karena biasanya shampoo jenis ini akan meninggalkan residu yang bisa menyebabkan munculnya ketombe jika tidak bersih membilasnya. Jadi shampoo yang baik seharusnya tidak menghasilkan busa yang terlalu banyak.




2. Penggunaan Conditioner

Setelah rambut dibersihkan jangan lupa untuk menggunakan conditioner yang akan melembutkan dan menjaga kelembapan alami rambut. Mungkin ada yang belum tahu kalau penggunaan conditioner tidak boleh menyentuh kulit kepala? Sebaiknya pemakaian conditioner hanya untuk bagian helaian rambut saja. Untuk kalian yang memiliki rambut yang panjang pemakaian conditioner bisa dimulai dari bagian yang dekat dengan telinga atau bagian tengah rambut begitu juga untuk yang memiliki rambut yang pendek bisa diberikan condtioner pada bagian helaiannya saja. Diamkan beberapa saat lalu dibilas hingga bersih. 

Berbeda dengan masker rambut yang hanya dipakai 1-2 minggu sekali, penggunaan conditioner bisa digunakan setiap setelah mencuci rambut. Dan kalau conditioner sering terkena kulit kepala bisa menyebabkan ketombe kalau tidak terkena bilasan air. 








3. Tonik Rambut untuk rambut lebih kuat


Rambut juga membutuhkan asupan gizi tambahan yang bisa didapatkan melalui penggunaan hair tonic atau tonik rambut. Biasanya pemakaian hair tonic dilakukan pada saat kondisi rambut masih setengah kering karena pada saat setelah mencuci rambut pori-pori kulit kepala jadi akan memudahkan hair tonic meresap hingga ke akar rambut. Saat ini aku sedang sering menggunakan hair tonic dari Natur. Pasti sudah tidak asing lagi bukan dengan brand yang satu ini dan kini hadir varian terbaru dari hair tonic Natur yang mengandung ekstrak Aloe Vera.

Khasiat Aloe Vera sepertinya sudah tidak diragukan lagi, seperti yang kita tahu ekstraknya bisa membantu menguatkan akar rambut dan mempercepat regenerasi rambut baru. Selain itu saat ini banyak sekali produk yang mengandung bahan ini, bahkan Aloe Vera juga bisa dikonsumsi, biasa djadikan manisan. Jadi kalau menurutku sesuatu yang bisa dikonsumsi harusnya bisa juga digunakan di luar tubuh.

Natur Hair Tonic Aloe Vera ini tidak mengandung alkohol jadi tidak akan menimbulkan rasa panas di kulit kepala. Selain itu tidak akan membuat kulit kepala menjadi iritasi dan kemerahan. Dan yang terpenting hair tonic Natur ini lebih wangi  jadi kulit kepala akan terasa lebih segar dan wangi. Caranya cukup dengan menuangkan ke kulit kepala mengikuti garis kulit kepala lalu pijat lembut menggunakan ujung jari, JANGAN MENGGUNAKAN KUKU ya! Dan karena bagian ujung botol sudah didesain agak meruncing (tapi tidak tajam lho!) jadi lebih mudah menuangkan hair tonic ini tanpa takut tumpah.

Kalau yang ini pasti sudah sangat dikena, Natur Gingseng Extract yang sudah mendapatkan TOP BRAND Award selama 12 tahun berturut-turut karena hasil yang didapatkan memang nyata. Sudah lebih dari 2 minggu aku menggunakan produk dari Natur ini dan Alhamdulillah rambut rontok sudah mulai berkurang. Walau tidak instan tapi mulai mengalami kemajuan dari yang dahulu mudah sekali rontok.



Pemakaian Minggu Pertama
Pemakaian Minggu Kedua
4. Keringkan rambut sebelum menggunakan hijab

Karena rambut yang masih basah cenderung lebih rapuh jadi sebaiknya hindari menggunakan jilbab ketikan rambut masih basah. Pemakaian hair dryer juga sebaiknya dikurangi karena bisa membuat rambut jadi terlalu kering dan mudah patah. Mengeringkan rambut secara alami akan membuat rambut lebih sehat dan tidak mudah rontok.

5. Jangan terlalu kencang mengikat rambut

Untuk kalian yang punya rambut panjang mungki akan lebih nyaman kalau mengikat rambut terlebih dahulu sebelum mengenakan jilbab. Tapi usahakan jangan terlalu kencang ketika mengikatnya karena bisa menyebabkan rambut menjadi "stress", mudah patah dan rontok. Sebaiknya jika sedang tidak menggunakan jilbab rambut lebih baik diurai agar bisa beristirahat dari kencangnya ikat rambut. 


Ternyata mudah sekali bukan merawat rambut yang berhijab, aku yakin teman-teman bisa mencoba di rumah. Karena rambut adalah mahkota dan pemberian dari Tuhan ada baiknya jika dirawat dan dijaga keindahan dan kesehatannya. Dengan rambut yang sehat dan kuat rasa percaya diri juga akan bertambah tentunya.

Selamat mencoba!

2 komentar:

  1. Rambutku rontok parah banget deh....akhir-akhir ini tambah parah. Pengen coba nature deh, pakai saudaranya si Azalea ga mempan soalnya, padahal sebelum melahirkan ngaruh loh.

    BalasHapus
  2. Teh, akupun rambutnya sama banget deh rontok. dan mau coba ah ke nature e

    BalasHapus

Jangan lupa sertakan nama dan alamat blognya (kalo ada)