Jumat, 14 September 2018

First Impression : ElsheSkin Acne Treatment Series Plus Cream Komedo



Assalamualaikum,

Jadi beberapa waktu yang lalu aku iseng ikutan giveaway yang diadakan oleh Makeupuccino dan Elshe Skin. Kalau Makeupuccino sudah bukan hal baru lagi buatku tapi kalau untuk Elshe Skin aku sering lihat di media sosial dan beberapa postingan dari temen-temen blogger dan vlogger. Penasaran tapi masih belum terlalu ingin coba juga karena sebelumnya aku sedang pakai rangkaian skincare dari Skin Dewi. Tapi karena harganya agak lumayan juga jadi pemakaian dirit-irit dan biasanya aku pakai kalau kondisi kulit sedang tidak bersahabat saja. Jadi sebelum menggunakan rangkaian skincare dari ElsheSkin ini kondisi kulit wajahku bisa dibilang dalam keadaan yang biasa saja dan kebetulan ketika dicek kondisi kulit sedang timbul jerawat sedikit sisa dari siklus bulanan.

Kembali ke giveaway, Alhamdulillah menang 🙏 cuma gara-gara aku komentar di postingan giveaway agak sedikit menantang yang mana aku bilang kalau aku memang penasaran banget sama Elshe Skin soalnya banyak yang bilang cocok dengan skincare ini dan aku menantang apakah skincare ini akan cocok untuk kulitku juga. Mungkin ini kenapa kita harus jaga ucapan, hati-hati dengan ucapan karena bisa jadi kenyataan.

Setelah diumumkan menang lalu dihubungi oleh pihak Elshe Skin untuk dilakukan pemeriksaan kondisi kulit dengan cara mengirim foto bare-face untuk menentukan skincare mana yang cocok dengan kondisi kulit pada saat itu. Sebelum aku cerita tentang bagaimana produk ini berkerja apakah kulit wajah bisa menerima dengan baik atau tidak, akan kuperkenalkan produk apa saja yang aku dapatkan.


ElsheSkin Daily Protection For Acne

Ini adalah krim tabir surya yang bisa digunakan untuk kulit yang sedang berjerawat karena konon mengandung Salicylic Acid dan Sulfur berguna untuk membantu melindungi kulit dari pengaruh buruk  sinar matahari dan mengurangi bakteri penyebab jerawat. Teksturnya krim, agak susah diratakan selain itu hasilnya bikin muka terlihat agak putih (whitecast) seperti kebanyakan tabir surya. Jangankan kulit yang sedang berjerawat, untuk mereka yang memiliki kulit normal pun tabir surya hukumnya wajib dipakai, iya kan?



Karena setahuku kulit yang berjerawat biasanya mengalami peradangan dan akan lebih sensitif jika terkena paparan sinar matahari yang mana akan membuat kulit semakin "tersiksa". Jadi apa pun bentukanya dan bagaimanapun karakter tabir surya tersebut, dipakai saja! ElsheSkin Daily Protection For Acne bisa digunakan sebelum bedak atau foundation. Oh iya ini bukan sample, memang ukuranya tidak terlalu besar hanya 15 gram saja.

Komposisi Bahan:

Aqua, Propylene Glycol, Caprylic/Capric Triglyceride, Cetearyl Alcohol, PEG-20 Stearate, Stearic Acid, Glyceryl Stearate, PEG-100 Stearate, Cetyl Alcohol, Ethylthexyl Palmitate, Polysorbate 80, Sulfur, Titanium Dioxide, Propylparaben, BHT, Imidazolidinyl Urea, dan Aminomethyl Propanol. "

ElsheSkin Acne Cleansing Wash


Sebenarnya sebelum menggunakan skincare lanjutan ada baiknya kulit harus dibersihkan terlebih dahulu maka ElsheSkin membuatkan pembersih wajah khusu untuk kulit berjerawat, ElsheSkin Acne Cleansing Wash. Hal pertama yang aku sadari ketika menggunakan produk ini entah kenapa mengingatkan pada pembersih wajah dari Klinik Hang Lekiu Brightener Cleansing Wash, sorry bukan mau membandingkan hanya saja rasa ketika digunakan dah hasilnya hampir mirip itu kalau menurutku. Mulai dari aroma yang tidak terlalu kuat, aroma yang dihasilkan lebih ke aroma dedaunan, sesuatu yang bikin segar. Busa yang dihasilkan tidak banyak, mudah dibilas, tidak meninggalkan rasa licin di wajah dan tidak bikin kulit wajah menjadi kering/ terasa seperti tertarik sesudahnya.


Jujur, aku suka dengan konsep pembersih wajah yang seperti ini. Tidak terlalu wangi, busa sedikit dan enggak bikin kering. ElsheSkin Acne Cleansing Wash juga mengandung Salicylid Acid dan bahan anti acne untuk membersihkan kulit yang berjerawat. Dikemas dalam botol dengan tutup flip top berisi 100 ml produk yang bertekstur seperti gel-lotion bening. Tidak terlalu cair tapi tidak kental juga. Sedikit saja dariku, mungkin kalau botolnya pump atau tube akan lebih praktis dan nyaman digunakan.


Komposisi Bahan:

Aqua, Sodium Laureth Sulfate, Cocamidopropyl Betaine, Cocamide DEA, Glycol Distearate, Cocamide MEA, Laureth-10, Polysorbate 80, Sulfur, Sodium Chloride, Salicylic Acid, Polyaminopropyl Biguanide, Methylisothiazolinone. "


ElsheSkin Cream Komedo

Kalau yang satu ini mungkin enggak akan ditemukan di website ElsheSkin karena ini adalah "obat" untuk komedo dan jerawat yang khusus diberikan untuk yang melakukan pemesanan atau konsultasi melalui Whatsapp atau DM Instagram. Walau namanya Cream Komedo tapi bisa juga digunakan pada bagian yang berjerawat (menurut CS Elsheskin). Pertamanya sempat bingung karena aku lupa menanyakan bagaimana cara/kapan menggunakan krim ini yang akhirnya aku pakai semuka dong, tapi karena merasa ada yang salah akhirnya aku beranikan untuk bertanya pada CS Instagram, ternyata pemakaian krim ini hanya untuk bagian yang berjerawat/ komedo saja dan hanya digunakan pada malam hari saja. 



Jadi cara pemakaian diulangi dari awal karena menurut mereka krim ini tidak boleh digunakan untuk seluruh wajah dan tidak untuk siang hari. Tekstur dari krim ini sendiri lembut dan sedikit beraroma obat karena memang krim ini diracik khusus untuk mengobati jerawat. Apakah krim ini berhasil membuat jerawat minggat?
Baca sampai selesai, ya!





ElsheSkin Acne Refresh Toner

Rangkaian produk yang dipakai setelah facial wash ini punya efek bikin kulit wajah jadi lembap banget ketika aku pakai. Tidak ada aroma yang mengganggu,teksturnya 100% cair, warnanya agak kecoklatan seperti seduhan air teh. Cuma ada rasa agak lengket setelahnya, mungkin hal ini berfungsi untuk membuat pemakaian produk setelahnya menempel dan menyerap lebih baik di kulit wajah. Dikemas dalam botol berisi 100 ml. Untuk pengaplikasian lebih suka dituangkan langsung pada tangan lalu ditepuk-tepukkan ke wajah ketimbang menggunakan kapas. 


Komposisi Bahan: 

Aqua, Propylene Glycol, Alcohol, Polysorbate 80, Sulfur, Salicylic Acid, Methylparaben, Allantoin. "


Sekarang mari bercerita tentang pengalamanku menggunakan rangkaian Acne Treatment Series Plus ini. Kenapa plus? karena kalau menurut rangkaian Acne Treatment Series tidak termasuk Cream Komedo yang menggantikan posisi Acne Night Treatment. Untuk urutan pemakaian bisa dilihat lagi sesuai kebutuhan pada pagi dan malam hari. Untuk pagi hari dimulai dengan membersihkan wajah dengan ElsheSkin Acne Cleansing Wash, dilanjutkan dengan ElsheSkin Refresh Toner untuk mengembalikan kelembapan alami wajah lalu aplikasikan ElsheSkin Daily Protection For Acne. Kalau semuanya sudah silahkan lanjutkan dengan kosmetik dekoratif yang biasa digunakan. Kalau enggak salah ElsheSkin juga punya produk dekoratif seperti bedak dan lipstik.


Untuk perawatan malam hari, kembali wajah dibersihkan dari semua kotoran, sisa make up, bahkan ibu rumah tangga yang mana hanya di rumah saja tetap harus membersihkan muka. Kembali gunakan Acne Cleansing Wash yang dilanjutkan dengan Acne Refresh Toner dan pengaplikasian Cream Komedo atau Acne Night Treatment. Urutan pemakaian produk mungkin akan berbeda karena disesuaikan dengan kondisi dan masalah yang sedang dihadapi kulit wajah.


Hasil pemakaian seminggu pertama, terlihat muka ada jerawat di beberapa bagian, paling banyak di daerah dagu dan rahang kanan-kiri. Ketika memulai menggunakan rangkaian skincare ini kebetulan sudah selesai siklus bulanan jadi masih ada sisa-sisa jerawat yang aku harap akan dengan mudah sirna menggunakan skincare ini. Karena menurutku jerawatnya bukan yang heboh besar-besar mengerikan, melainkan hanya jerawat kecil-kecil yang bergelombol di satu titik. Pemakaian 3 hari pertama yang paling aku sadari adalah muka terlihat sangat glowy tapi bukan karena berminyak atau kering, it's just glow! komedo di area hidung juga tidak terlihat lagi.

 


Untuk jerawat di area dahi ada beberapa yang tidak jadi muncul dan di hari ke-3 pemakaian sudah sangat berkurang tinggal beberapa bekasnya saja. Tesktur kulit dibagian tersebut juga mulai halus. 


Bergeser kebagian sekitar rahang dan dagu sebelah Kanan, pemakain hingga hari ke-6 sudah mulai agak terlihat karena mungkin bagian ini tidak terlalu parah jerawatnya sama seperti dibagian dahi.  Jerawat yang kecil-kecil ada yang tidak jadi muncul cuma sisa bekas jerawat saja yang masih terlihat agak gelap tapi teksturnya sudah mulai halus kembali.

 

Dan disinilah hal aneh mulai terjadi, bagian rahang hingga pipi bagian kiri sedang banyak banget jerawat, YES! HANYA SATU SISI SAJA! dan yang bikin agak kesel itu hingga pemakaian hari ke-8 bukannya berkurang jerawat malah jadi makin bertambah, satu  demi satu disertai rasa gatal. Awalnya tidak dihiraukan rasa gatalnya cuma lama-lama jadi mengganggu terlebih kalau mau tidur setelah menggunakan Cream Komedo. Di hari ke-9 terpaksa harus aku hentikan dulu pemakaian semua rangkaian skincare ini dan mencoba bertanya pada pihak ElsheSkin. 

Setelah berkonsultasi lagi, menurut analisa mereka mungkin sisa-sisa jerawat dari siklus bulanan. Tapi masa cuma satu sisi saja dan disertai rasa gatal. Akhirnya aku coba berhentikan hingga detik dimana aku membuat tulisan ini yang mana kira-kira rentangnya sudah 1minggu lebih. Sudah tidak terasa gatal untungnya, karena jujur saja kulitku ini biasanya kalau enggak cocok sama suatu produk pasti akan langsung bereaksi dan biasanya dalam hitungan 2-3 hari. 

Karena pada bagian dahi dan rahang bagian kanan tidak menunjukan reaksi yang berlebihan, termasuk rasa gatal yang mana aku tidak tahan jadi aku berharap akan cocok dengan skincare ini. Setelah rasa gatal mulai berkurang, pelan-pelan aku coba mengurangi jerawat yang mucul dengan produk yang sebelumnya sering kupakai dan Alhamdulillah sekarang sudah mulai kempes dan kering jerawatnya, tekstur kulit mulai halus sedikit-demi sedikit. 




Lalu apakah ini salah produknya?
Tentu saja tidak, kembali lagi ini skincare yang mana seperti mencari jodoh, butuh kecocokan untuk bisa langgeng, ya kaaan? bahkan di satu wajah aja bisa berbeda reaksinya apalagi beda wajah, beda orang, beda kebiasaan dan lain sebagainya. Padahal aku berharap bisa cocok sama produk dari ElsheSkin karena harganya sangat terjangkau dan pelayanan itu lho , walau tidak bisa bertatap muka langsung mereka mau membantu jarang lho ada yang seperti ini. Oh iya buat yang belum tahu ElsheSkin ini produk lokal, 100 % Indonesia jadi sudah pasti disesuaikan dengan iklim negara kita. 

Itulah kenapa postingan kali ini hanya berupa "first impression" alias kesan pertama yang mana ternyata tidak bisa berlanjut ke jenjang yang lebih lanjut lagi. Tapi mungkin kasus seperti ini hanya sebagian kecil, karena aku baca juga banyak yang cocok sama produk skincare mereka ini. 
Kalau kalian gimana? 
Ada yang sudah coba juga?
Share pengalamannya dong, mungkin ada yang senasib 😀?




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jangan lupa sertakan nama dan alamat blognya (kalo ada)