Senin, 10 Desember 2018

Review : Althea Petal Velvet Powder




Untuk beberapa orang loose powder atau bedak tabur mungkin sangat merepotkan beda halnya dengan bedak yang sudah dipadatkan. Tapi bedak tabur juga tidak bisa dihilangkan begitu saja dalam ritual ber-make up. Apalagi untuk kita-kita yang punya kulit berminyak/kombinasi biasanya pemilihan bedak tabur yang tepat bisa membantu masalah kulit wajah yang mengkilap akibat produksi minyak yang berlebih. Selain itu trend baking juga membuat penggunaan bedak tabur kembali diminati. Tapi apakah bedak tabur yang kita pilih sudah sesuai dengan kebutuhan kulit wajah? 


Aku mau share pengalamanku tentang pemilihan bedak tabur yang sesuai kebutuhan kulit wajah, terutama untuk yang punya jenis kulit normal-kombinasi-cenderung oily. Tapi yang punya kondisi kulit lainnya juga boleh merapat kok, nanti bakal aku singgung sedikit juga. Itu adalah kondisi kulitku kalau sedang dalam keadaan baik, tidak ada gangguan apa pun. Tapi akan bisa tiba-tiba berubah yang disebabkan banyak faktor, seperti cuaca, stress, makanan, pemakaian skincare yang tidak cocok, masalah hormonal dan masih banyak lagi. 

Dan jujur saja kalau kondisi kulit sedang bagus aku lebih suka cuma pakai loose powder setelah rangkaian skincare. Karena rasanya lebih natural, lebih ringan di kulit dan lebih simple yang tentunya. Jadi setelah sekian lama mengenal cukup banyak loose powder/setting powder/sebum control powder dan masih banyak istilah lain yang sebenarnya memiliki satu bentuk yang hampir serupa, loose powder (kecuali sebum control dalam bentuk compact), beberapa hal yang jadi pertimbanganku dalam memilih  loose powder ;

  • Teksturnya harus sangat halus, kalau bisa lebih halus dari bedak bayi
  • Cenderung lebih suka loose powder yang tanpa warna ( transparant, colourless) dan biasanya warna bedaknya justru putih bersih tapi setelah diaplikasikan warnanya tidak terlihat putih 
  • Tidak memiliki wewangian yang terlalu kuat
  • Kemasan tidak terlalu besar dan wajib memiliki aplikator, jadi walaupun harganya mahal dan brand terkenal tapi kalau enggak ada aplikatornya gimana coba?
  • Harga dan kualitas harus berbanding lurus

Kriteria loose powder-mu kira-kira sama enggak? atau ada kriteria khusus untuk pemilihan loose powder?


Dari sekian banyak loose powder yang pernah aku coba, jujur saja Althea Petal Velvet Powder ini punya sensasi unik ketika pertama kali digunakan. Sebelumnya sesuai janjiku di postingan tentang  Unboxing Gift Box Althea Angels bakal aku bahas lebih detail tentang salah satu produk dari brand Althea ini. Sebelumnya Althea Petal Velvet Powder hanya punya satu varian saja yaitu translucent powder tapi kini sudah memiliki 3 macam varian untuk hasil akhir yang berbeda namun tetap memiliki fungsi yang nyaris sama. Bahan utama yang terkandung dalam Petal Velvet Powder adalah ekstrak biji bunga Althea. Yes, ternyata Althea adalah nama tumbuhan, tepatnya nama sebuah bunga yang setelah di googling lebih jauh bentuknya mirip dengan bunga sepatu atau bunga Hibiscus, coba googling deh kalau penasaran juga.

Ekstrak biji bunga Althea ini punya khasiat sebagai anti oksidan, melindungi kulit dari paparan radikal bebas. Selain itu mengandung bahan yang disebut Polyphenol untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari dan Saponarin yang berfungsi untuk memperbaiki sel yang rusak dan mengembalikan elastisitas kulit. Dan ini bahan-bahan lainnya yang terdapat pada Althea Petal Velvet Powder "Translucent" dan "Warm Beige" dari website Althea





Althea Petal Velvet Powder - Warm Beige



Senang banget rasanya waktu tahu akhirnya Petal Velvet Powder mengeluarkan bedak berwarna. Warna sebenarnya warna " Warm Beige" walau untuk tone kulit orang Indonesia masih sedikit terang dan mungkin untuk tone orang Korea jatuhnya agak gelap. Petal velvet powder yang satu ini  hasilnya nyaris menyerupai tone kulitku saat ini. Teksturnya juga sangat halus dan aku mencium aroma tumbuhan/bunga yang ringan sekali dari bedak tabur ini. Hasil akhirnya mampu mengurangi kilap di wajah seperti langsung terserap oleh bedak ini. 

Begitu juga jika bedak ini digunakan sebagai setting powder, kulit wajah langsung terlihat matte. Hanya saja kalau kondisi kulit sedang kering hasilnya jadi patchy dan bagian yang kering semakin terlihat. Jadi usahakan persiapkan kulit dengan baik karena produk ini tidak punya efek menghidrasi kulit. 






Althea Petal Velvet Powder - Pink Lavender



Yang paling baru, Althea mengeluarkan varian baru Petal Velvet Powder Pink Lavender pada anniversarry yang ke-3.  Nama pink lavender bukan sekedar nama karena ketika membuka produk ini langsung tercium wangi lavender. Lavender sudah banyak digunakan dalam bidang kesehatan dan kecantikan karena efeknya yang bisa membuat rileks tubuh dan menenangkan kulit yang iritasi. Selain untuk setting powder, Althea Petal Velvet Powder - Pink Lavender juga dapat mencerahkan kulit yang terlihat kusam. 

Tidak perlu khawatir dengan warna pink yang terlihat pada kemasan karena begitu sampai di kulit hasilnya tetap mengikuti warna kulit dan sedikit memberikan efek glowy pada wajah. Teksturnya tidak jauh berbeda dengan kedua Petal Velvet Powder sebelumnya memiliki butiran yang sangat halus.





Fungsi utama bedak tabur ini tidak jauh beda dengan bedak tabur lainnya yaitu sebagai setting powder hanya saja hasilnya berbeda untuk tiap bedak tabur ini di kulitku. Dari ketiganya yang memiliki hasil akhir terlihat lebih matte adalah Petal Velvet Powder  "Warm Beige". Apalagi kalau dipakai untuk setting foundation, rasanya semua cairan dan minyak di wajah langsung terserap oleh bedak ini. Walaupun bedak ini bisa digunakan untuk semua jenis kulit, untuk kalian yan memiliki jenis kulit kering mungkin harus menghidrasi kulit extra. Dan yang paling aku suka lagi, setelah pakai bedak ini lalu pegang kulit muka rasanya halus banget.




Lalu apakah Althea Petal Velvet Powder sudah masuk kriteria bedak tabur yang sesuai untuk kulit wajahku?

Yes, absolutely!

Dari segi kualitas justru enggak disangka untuk harga yang sangat terjangkau ini, hanya dibandrol 60 ribuan saja untuk 3 gram produk. Ukurannya tidak terlalu besar, memudahkan dibawa traveling. Hanya saja karena ukurannya yang terbilang kecil, aplikatornya juga ikut menyesuaikan dan membuat agak susah untuk dipegang karena terlalu kecil untuk jari-jari raksasa ini 😉😅. Oh, iya untuk Petal Velvet Powder Pink Lavender harus dicek lagi ke website mereka atau melalui aplikasi apakah masih tersedia atau tidak karena termasuk produk yang limited edition.



Apakah bedak tabur ini masuk dalam kriteria yang kalian inginkan?
Jawabannya kalian harus mencoba terlebih dahulu.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jangan lupa sertakan nama dan alamat blognya (kalo ada)