Jumat, 04 Januari 2019

Review : Althea Pore Purifying Serum Cleanser



Ada yang pernah coba cari tahu enggak pentingnya menjaga kadar keasaam pada kulit ? 

Pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah pH singkatan dari potential hydrogen yang biasa ditemukan pada produk kecantikan baik itu skincare atau kosmetik. Tapi apakah kalian tahu kalau kebutuhan pH kulit wajah kita itu ada standarnya? Setelah melakukan pencarian melalui Google aku menemukan beberapa artikel yang menyebutkan untuk nilai ukuran pH adalah 1-14.  Nilai 1-6 menunjukan pH asam, nilai 7 pH netral dan 8-14 untuk nilai pH basa. Sedangkan pH kulit yang normal itu adalah antara 4-5,5 pada umumnya
. Tapi ada juga artikel yang berpendapat kalau ukuran pH kulit untuk wanita dewasa beda lagi yaitu antara 4,2 - 5,6 dan kondisi terbaik adalah dimana pH cenderung lebih asam (cmiiw).





Kadar pH kulit inilah salah satu penentu apakah kulit tersebut sehat atau tidak. Dari sini juga kita akan tahu bagaimana toleransi kulit terhadap suatu produk. Jujur aku juga jarang memperhatikan secara detail tentang hal ini sampai akhirnya reaksi negatif terjadi pada kulit. Aku juga belum pernah mengecek secara langsung tingkat keasaman atau basa kulit wajah dan tubuh.  Lalu aku membaca lagi ternyata pemilihan cleanser atau pembersih wajah juga jangan sembarangan karena proses pembersihan kulit adalah awal dari segalanya dan menentukan kesehatan kulit selanjutnya. pH yang dianjurkan terkandung dalam produk pembersih wajah tidak boleh lebih dari 5,6 karena kalau lebih dari nilai itu maka kesehatan kulit biasanya agak sedikit terganggu.


Intinya kita harus mau banyak cari tahu tentang info suatu produk dengan membaca tentunya, jangan malas demi kebaikan sendiri. Karena ternyata tanpa kita sadari banyak sekali pembersih wajah yang beredar dipasaran memiliki tingkat pH diatas 5,6 jadi kalau kalian baru mencoba satu produk baru dan ternyata bereaksi terhadap kulit mungkin harus di cek kadar pH-nya dan kondisi kulit kalian sebelum menggunakan satu produk baru.



Tapi ternyata ada satu produk yang dengan terbuka menyebutkan tingkat pH yang terkandung di dalamnya. Produk pembersih asal negeri gingseng ini baru diluncurkan akhir tahun 2018 kemarin dan aku berkesempatan untuk mencobanya. Pembersih wajah ini bisa digunakan untuk membersihkan make up dan atau membersihkan wajah sehari-hari. Mari aku perkenalkan dengan Althea Pore Purifying Serum Cleanser. Kombinasi air dan minyak untuk proses pembersihan make up dan kotoran debu di wajah lebih efektif. Walau disebutkan mengandung minyak tapi awal aku mencoba produk ini tidak terasa licin berminya, teksturnya lebih seperti air hanya saja sedikit lebih tebal.


Althea Pore Purifying Serum Cleanser juga berfungsi sebagai eksfoliator tapi tidak mengandumg scrub jadi diklaim aman untuk kulit sensitif sekalipun. Mengandung ekstrak daun mint yang berfungsi untuk menenangkan kulit dengan sensasi dingin yang ditimbulkan ketika menggunakan produk ini, sebagai anti-bakterial dan sebagai eksfoliator alami yang akan membersihkan dari sel kulit mati, make up dan kotoran debu yang menempel pada kulit. Althea Pore Purifying Serum Cleanser tidak berwarna, yang terlihat di foto itu adalah warna botol. Dan nyaris tidak memiliki wewangian. 




Satu lagi fungsi ekstrak mint yang terkandung dalam Althea Pore Purifying Serum Cleanser adalah untuk meringkas pori-pori setelah proses pembersihan. Cleanser ini sama sekali tidak berbusa ketika dibasuh dengan air, yes! cleanser ini harus dibasuh dengan air agar sisa make up dan kotoran yang menempel pada wajah langsung terbuang bersama air. Di video cara membersihkan make up yang aku sisipkan pada artikel ini step dibasuh dengan air aku ganti menggunakan tissue basah khusus membersihkan make up karena jarak kamar mandi yang lumayan jauh dari tempat aku membuat video ini 😆 jadi tidak mungkin dimasukkan dalam video.  Tapi aku tetap membasuhnya lagi dengan air dan menggunakan micellar water untuk menyakinkan kalau tidak ada residu make up yang tersisa. Untuk penggunaan sehari-hari step micellar water ini bisa dilewat saja. 

Tekstur Althea Pore Purifying Serum Cleanser cair tidak terasa berminyak
 walau mengandung minyak (Jojoba oil)




Tadi sempat aku singgung cleanser ini bisa juga untuk membersihkan make up dan hasilnya ternyata benar bisa mengangkat make up. Cleanser langsung "mencairkan" foundation, bedak,  concealer, eyeshadow, you name it! bahkan produk alis yang aku pakai di video ini adalah produk alis yang seperti spidol itu yang mirip brow tint, yang kalau dibersihkan pakai micellar water saja masih bakal meninggalkan bekas. Hilang semua, bersih terangkat begitu juga lem bulumata yang kadang susah dibersihkan dan biasanya tersisa di sela-sela bulumata. Walaupun tidak ada rasa pedih di mata tetap saja harus hati-hati ketikan membersihkan bagian mata, jangan menggosok terlalu kencang. Lalu bilas hingga bersih dengan air (sesuai petunjuk penggunaan).

Kalaupun sedang tidak menggunakan make up, Pore Purifying Serum Cleanser tetap bisa digunakan sebagai pembersih wajah sehari-hari. Tidak membuat kulit menjadi kering dan sensasi dinginnya itu yang bikin aku suka. Alhamdulillah, sampai saat ini belum ada reaksi negatif yang muncul pada kulit wajah, cocok sama produk ini 👍.  Kalau kalian sedang traveling bisa banget pindahkan produk ini ke kemasan yang lebih kecil atau botol kecil yang biasa dibawa traveling soalnya bakal memangkas waktu buat urusan bersih-bersih muka dengan tidak mengurangi manfaat produk. Mudah dibilas, sekali lagi tidak berbusa dan tidak meninggalkan residu pada kulit. 



Jadi, yakin pembersih wajahmu sudah tepat kadar pH-nya?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jangan lupa sertakan nama dan alamat blognya (kalo ada)