Senin, 15 Juli 2019

Review Sunscreen Favorit, Mana yang cocok?





Buat kita yang hidup di iklim tropis dengan sinar matahari hampir sepanjang tahun seperti tidak bisa lepas dari produk skincare yang satu ini. Tabir surya atau sunscreen sangat dibutuhkan untuk kulit kita agar tetap terlindung dari bahaya paparan sinar ultraviolet yang dihasilkan oleh matahari. Jujur saja aku juga baru melek tabir surya akhir-akhir ini saja setelah membaca dan menonton tentang pentingnya tabir surya.


Apalagi untuk kulit yang sudah tidak muda lagi akan lebih mudah rusak terkena paparan sinar matahari. Sebelumnya aku sudah pernah bahas sedikit tentang bahaya sinar ultraviolet untuk kulit jadi untuk mempersingkat kalian bisa ke postingan yang satu ini, di sana juga sudah ku bahas tentang salah satu tabir surya.

Kali ini hanya akan membahas tentang beberapa produk tabir surya yang pernah aku pakai, masih dipakai atau sudah tidak dipakai lagi karena beragam alasan tentunya. Ada 4 produk tabir surya yang akan kucoba bahas karakteristiknya satu-persatu.

Alasan kenapa sampai mencoba banyak tabir surya dari merk yang berbeda adalah kondisi kulit pada saat itu yang mengharuskan aku menggantinya. Jadi bisa dibilang situasional, ada kemungkinan beberapa produk yang tidak cocok di lain waktu akan kupakai kembali dan cocok, semoga paham sampai di sini.


1.    ALTHEA PETAL VELVET SUNAWAY SPF 50+ PA++++
       Harga : IDR 202.000
       Beli di Althea Website


Karena sudah pernah direview sebelumnya, kali ini aku hanya akan bercerita tentang karakter sunscreen ini selama aku pakai.  Brand asal Korea ini dikemas dalam botol pipih ukuran 55 ml dengan tekstur cair dan berjenis suspensi jadi harus dikocok terlebih dahulu sebelum digunakan agar produk dapat digunakan.

Karena teksturnya cair, produk ini cukup cepat menyerap kalau digunakan dalam jumlah sedikit. Tapi karena kita tidak menggunakan  dalam jumlah sedikit, penyerapan juga jadi lama dan meninggalkan whitecast. Tapi whitecast di sini bikin muka jadi terlihat pink-ish gitu.

Kalau dilihat dari komposisi bahan utamanya tabir surya ini termasuk physical sunscreen. Awal pemakaian tidak terjadi reaksi yang berlebihan. Tapi pada satu waktu setelah menggunakan salah satu skincare dan tidak cocok yang mengakibatkan kondisi kulit muka jadi super sensitive mengakibatkan Althea Petal Velvet Sunaway jadi tidak bisa kupakai lagi untuk sementara waktu.

Karena tiba-tiba muncul jerawat dengan ukuran yang besar-besar di area hairline dan alis disertai dengan rasa gatal dan kalau dipegang sakit. Kondisi seperti ini terus terjadi ketika mengaplikasikan sunscreen Althea ini. Bingung juga karena yang awalnya tidak terjadi reaksi jadinya seperti ini. Terpaksa harus mencari alternatif tabir surya yang bisa diterima oleh kulitku.




2.    LAVINE SUNSCREEN SPF 30 ++
Harga : IDR 135.000
Beli di Lavine Cosmetics - Shopee

Produk dari brand ini juga bukan sesuatu yang baru untuk kulit wajahku malah ini adalah botol yang ke-3. Jadi aku sangat berharap tabir surya ini bisa membantu permasalahan pada kulitku. Terpaksa selama menunggu produk ini dikirim aku tidak bisa menggunakan tabir surya apa pun dulu. Jadi rutinitas CTMP hanya berhenti sampai “Moisturizing” sambal memberi jeda juga untuk menggunakan produk yang berbeda.

Lavine Sunscreen ini memang tidak memiliki SPF sebesar Althea Sunaway tapi masih punya daya melindungi kulit kok. Teksturnya seperti lotion biasa, agak tebal dan ada whitecast sedikit ketika awal pemakaian. Isinya juga lebih sedikit hanya 30 gr dalam kemasan botol pump.

Seperti yang pernah kubilan sebelumnya kalau produk ini pernah kupakai sebelumnya jadi aku berasumsi bakal cocok tapi ternyata tidak juga. Mungkin karena kondisi kulitku pada saat itu masih terbilang sensitive, ketika menggunakan tabir surya ini malah bikin muka terasa panas, ada rasa gatal dan kulit jadi malah kering.

Sepertinya kulitku sedang dalam proses pemulihan jadi belum bisa dipakaikan produk yang terlalu berlebihan. Terpaksa harus kuhentikan juga pemakaiannya padahal sudah hampir habis, karena isinya hanya sedikit sementara pemakaian tabir surya tidak bisa sedikit jadi agak boros juga kalau pakai tabir surya ukuran kecil begini.

 Baca Lagi : Lavine Skincare


3.    WARDAH SUN CARE SUNSCREEN GEL SPF 30 PA +++
    Harga : IDR 25.000-30.000 (tergantung beli dimana)


Aku belum menyerah dalam pencarian tabir surya karena pentingnya komponen ini dalam skincare regime. Untuk melengkapi rutinitas CTMP harus dicari produk yang benar-benar cocok karena ini cikal bakal kulit yang sehat. Kalau proses ini sudah benar baru bisa tambahkan skincare penunjang lainnya.

Karena kedua tabir surya tadi juga masih belum bisa diterima oleh kulit maka pencarian dimulai lagi. Lalu aku teringat dulu pernah juga pakai produk dari brand ini dan cocok. Jadi kuputuskan untuk kembali pada Wardah Sunscreen Gel SPF 30 PA +++.

Produk ini sudah aku pakai jauh sebelum mengenal Althea dan Lavine jadi aku berharap banyak bisa diterima oleh kulitku saat ini. Dikemas dalam tube dengan isi produk sekitar 40 ml. Sebenarnya teksturnya lebih seperti cream-lotion bahkan terbilang agak berat lho ketika diaplikasikan ke kulit.

Tapi, setelah beberapa saat diaplikasikan ke kulit kalau dipegang teksturnya memang jadi seperti gel apalagi kalau dibasuh pakai air ketika mau dibersihkan, bakal terasa tekstur seperti gelnya. Mungkin saja inilah kenapa dinamakan sunscreen gel.

Karena mengandung Aloe vera, ada efek soothing pada tabir surya ini dan itu yang bikin aku suka. Ketika sampai di kulit ada sensasi dingin, tapi karena teksturnya tadi jadi agak susah diratakan apalagi dalam penggunaan yang tidak sedikit.

Awalnya tidak terjadi reaksi apapun sampai akhirnya pemakaian tube yang ke-2 mulai ada sesuatu yang dirasakan di kulit. Mulai ada rasa gatal terutama di area rahang dan dagu yang menurutku cukup mengganggu. Tube ke-2 belum habis terpaksa harus menghentikan dulu pemakaian.


4.    SKIN AQUA UV MILD MILK SPF 25 PA ++  ( DRY TO SENSITIVE SKIN )
    Harga : IDR 30.000 - 40.000 ( tergantung beli dimana)

Sebenarnya brand ini sudah banyak direkomendasikan oleh teman blogger lainnya Cuma masih belum yakin buat coba, karena liat brandnya dari Jepang kupikir bakal mahal dan susah didapat kalau mau beli lagi.

Ternyata sudah banyak yang jual dong ini produk!

Online atau offline sudah banyak banget dengan harga beragam. Variannya juga banyak disesuaikan dengan kebutuhan kondisi kulit. Kebetulan ada untuk kulit kering dan sensitive langsung kubeli satu botol dulu, karena produk ini masih tergolong baru untuk kulitku.

Dikemas dalam botol dengan isi produk hanya 40 gr. Teksturnya sedikit cair dan sepertinya mirip Althea Sunaway jenisnya, karena harus dikocok terlebih dahulu sebelum digunakan. Ada sedikit aroma susu dari tabir surya ini.

Walaupun masih skeptis akhirnya kucoba pakai, kesan pertamanya adalah ada sensasi “mendinginkan” kulit. Mudah dibaurkan Cuma kalau untuk pemakaian dalam jumlah banyak memang jadi agak lama meresap.

Whitecast terlihat hanya pada saat awal pengaplikasian saja. Baru pakai satu botol dan sudah mulai habis tapi belum ada tanda-tanda “pemberontakan “ dari kulit. Di-layer dengan produk skincare lainnya juga belum ada reaksi yang menganggu, semoga saja cocok selamanya.


Yang paling utama jadi penyebab harus gonta ganti tabir surya adalah reaksi pada kulit menurutku berlebihan seperti rasa panas, gatal, muncul jerawat hingga kulit jadi sangat kering sampai mengelupas. Hal ini karena kondisi kulit yang kadang berubah, jadi buat yang kulitnya normal-normal saja nanti pasti ada saatnya kondisi dan jenis kulitmu akan tiba-tiba berubah.

Dari ke-4 tabir surya yang sudah aku coba, akhirnya pilihan jatuh pada Skin Aqua yang sampai detik ini aku pakai diterima dengan baik oleh kulitku. Bahkan ketika yang varian biasa aku pakai ini ( dry to sensitive ) sedang susah ditemukan lalu aku mencoba varian lain ternyata tidak bereaksi negatif untuk kulitku.

Jadi walapun semua tabir surya yang pernah aku pakai ini adalah favoritku tapi berjalannya waktu kondisi bisa berubah. Tidak menutup kemungkinan aku akan kembali menggunakan tabir surya yang lainnya suatu waktu nanti. 

Dari ke-4 tabir surya ini, mana yang sudah pernah kalian coba juga?












Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jangan lupa sertakan nama dan alamat blognya (kalo ada)