Selasa, 01 Oktober 2019

3 Tips Berhijab Anti Gerah di Iklim Tropis

Assalamualaikum,
Sampurasun,

Sebagai seorang yang berhijab urusan kulit kepala dan rambut tetap jadi perhatian walaupun selalu tertutup. Karena biasanya permasalahannya nggak jauh berbeda dengan yang tidak berhijab. Malah kadang masalah yang dihadapi lebih pelik. Contohnya aku ini, yang paling sering dan masih dialami hingga kini adalah mudah berketombe dan rambut yang rontok.




Kalau dicari penyebab kondisi rambut seperti itu dikarenakan terlalu lama tertutup hijab yang membuat kulit kepala jadi panas, mudah berkeringat, lembap. Bikin mudah sekali muncul bakteri penyebab ketombe, kepala terasa gatal dan tidak nyaman pastinya. Tapi hal ini harusnya tidak menjadi halangan untuk tetap memakai hijab karena ada banyak cara untuk mengatasi hal ini.

Berdasarkan pengalamanku mengatasi hal seperti ini ada 3 cara yang mungkin bisa kalian coba juga, diantaranya

1. Memilih bahan hijab yang tepat





Yang satu ini memang gampang-gampang susah karena aku pun masih sangat awam dengan jenis dan karakteristik bahan kain hijab. Tapi ada bahan kain hijab yang cukup familiar yang konon tidak menyebabkan kulit kepala mudah gerah. Bahan hijab yang bisa dipakai diantara bahan katun, voal, sutra, linen hingga sutra. 

Hijab dengan bahan kain tadi terbukti cukup ampuh untuk tidak membuat kulit kepala menjadi gerah dan panas. Beberapa bahan tadi punya pori-pori yang cukup baik untuk sirkulasi udara di area kepala. Selain itu bahan kain yang halus juga menentukan panas atau tidaknya ketika dipakai. Coba cek lagi apa sudah benar pemilihan bahan hijabmu ?

2. Menggunakan inner hijab yang sesuai

Aku pribadi jarang menggunakan hijab tanpa inner atau dalaman hijab karena bikin rambut dan hijab tidak rapi. Jadi bisa dibilang minimal ada 2 lapis kain yang membungkus kepala ketika sedang berhijab. Memilih bahan inner hijab juga sama pentingnya dengan pemilihan hijab karena di sini akan menentukan seberapa nyaman dalam berhijab.

Selain memilih inner hijab yang tidak panas, aku pun mencari yang bahan dan modelnya tidak membuat sakit di kepala. Biasanya model yang aku pakai adalah model bandana ketimbang model inner yang tertutup seperti inner ninja. Model bandana ini masih memungkinkan kulit kepala untuk bernafas dengan bebas. 

Model inner bandana biasanya dipakai kalau bahan jilbabnya lebih tebal sedangkan inner ninja biasa digunakan untuk bahan hijab yang lebih tipis atau ketika menghadiri acara resmi yang mengharuskan menggunakan hijab lebih dari 1 lapis. Jenis bahan inner hijab yang aku suka seperti bahan rajut, rayon atau kaos.

3. Frekuensi mencuci rambut

Percaya atau tidak aku lebih suka mencuci rambut tiap hari walau ada beberapa artikel yang menyebutkan kalau tidak baik mencuci rambut tiap hari. Namun untuk kasusku agak berbeda karena udara panas bikin kulit kepala mudah gatal jadi aku hanya bisa mengatasinya dengan mencuci rambut. Selain itu kalau mencuci rambut tiap hari malah membuat kerontokan sedikit berkurang  ketimbang keramas satu minggu 2-3 kali.

Agak aneh memang tapi ini yang aku alami saat ini jadi pemilihan shampoo pasti sangat aku perhatikan. Yang pertama harus ada yaitu shampoo yang bisa memberikan efek dingin pada kulit kepala, bisa mengatasi ketombe dan kerontokan rambut. Plus harus punya wangi yang enak karena walaupun pakai hijab kadang kita bisa mencium aroma rambut kita sendiri lho, jadi harus selalu wangi.


Dari ketiga tips tadi yang paling mudah adalah mencari shampoo yang tepat, betul tidak? seperti yang mau aku bagi kali ini yaitu pengalaman pakai salah satu produk shampoo untuk kita yang berhijab. Apakah sudah sesuai dengan kriteriaku? Yuk kenalan dengan Rejoice Hijab 3 in 1 Perfect Cool Shampoo.

Sudah nggak asing sama brand Rejoice kan? 

Inovasi baru yang diadaptasi dari kebutuhan para perempuan berhijab di iklim tropis seperti Indonesia. Kami ingin berhijab tanpa gangguan rasa gerah atau gatal pada kulit kepala, aku yakin perempuan berhijab diluar sana juga berpikir demikian.



Pertama kali coba pakai Rejoice hijab 3 in 1 Perfect Cool shampoo ini yang dirasakan adalah sensasi sejuk dingin seketika langsung nyesss gitu rasanya. Bukan ketika mencuci rambut saja tapi sesudahnya rasanya sejuk itu masih terasa di kulit kepala. Karena sebelumnya aku pakai shampoo dengan embel-embel "dingin" itu hanya ketika digunakan pada saat keramas saja.

Rejoice hijab 3 in 1Perfect Cool shampoo ini sudah mengandung conditioner jadi cukup memangkas waktu ritual mencuci rambut. "3 in 1 " di sini untuk "segar", "lembut" dan "anti ketombe". "segar"-nya dihasilkan dari kandungan menthol yang terdapat pada shampoo ini selain itu berfungsi untuk mengurangi timbulnya ketombe.

"Lembut" dari conditioner yang sudah terkandung dalam shampoo hijab ini dan esens Kasturi yang memberikan aroma wangi sepanjang hari. Wanginya menurutku masih sangat bisa diterima karena lembut sekali. 



Sebenarnya seri #RejoiceHijabPerfection bukan hanya ini saja lho, untuk kalian yang mau wewangian yang intense bisa juga coba Rejoice Hijab 3 in 1 Perfect Parfume shampoo dan Rejoice Hijab 3 in 1 Perfect Conditioning. Buat yang mau coba dulu ada ukuran kecilnya lho mulai dari 170 ml dengan harga yang super terjangkau mulai dari 23 ribuan udah bisa dapetin rambut lembut, kulit kepala adem, bebas ketombe dan wangi Kasturi. 

Satu lagi yang bikin semuanya jadi mudah yaitu shampoo ini bisa didapatkan dengan mudah baik secara online atau offline karena sudah tersedia hampir di semua retail, drugstore modern, swalayan, minimarket hingga pasar tradisional. Buat yang nggak sempat muter-muter bisa secara online tinggal cari di e-Commerce kesayanganmu.
Ada beberapa link e-commerce yang bisa kamu kepoin sekarang! 
Lazada: https://bit.ly/2lQWrku
Blibli: https://bit.ly/2kjLiYP
Shopee: https://bit.ly/2mkLsjr
Tokopedia: https://bit.ly/2lWIm56






Kesan yang didapat setelah menggunakan Rejoice 3 in 1 Perfect Cool shampoo ;
  • Sensasinya dingin tidak hanya ketika mencuci rambut tapi setelah rambut kering pun masih terasa 
  • Wanginya lembut
  • Mudah dibilas
  • Harga sangat terjangkau
  • Mudah didapatkan
  • Alhamdulillah cocok untuk kulit kepalaku
Jadi untuk #KesempurnaanBerhijab produk ini aku rekomendasikan banget untuk teman-teman yang ingin tetap adem kulit kepalanya walau berhijab jangan salah pilih lagi ya!








1 komentar:

  1. Paling sebel deh kalo pake inner bahannya panas..bikin keringetan dan lepek..untung ada rejoice hijab ya skrg.. langsung segar dan dingin deh kepalakuuu

    BalasHapus

Jangan lupa sertakan nama dan alamat blognya (kalo ada)