Sabtu, 12 Oktober 2019

Khasiat Cranberry Untuk Kesehatan Kandung Kemih

Assalamualaikum,
Sampurasun,


Kali ini aku mau bahas sesuatu yang beda dari biasanya. Libur dulu ngomongin tentang make up dan skincare ada beberapa info menarik yang mau aku bagi tentang kesehatan salah satu organ tubuh. Yang biasanya mungkin disepelekan tapi kalau tidak ditangani dengan cepat dan tepat bisa membahayakan kesehatan.




Aku memang bukan pakarnya kesehatan tapi tidak juga menutup mata kalau untuk masalah yang satu ini. Kalau dari judulnya, akan coba kubahas tentang salah satu super fruit ini, Cranberry. Memang bukan buah asli Indonesia tapi buah dari tanaman jenis semak-semak ini ternyata punya segudang khasiat, terutama untuk kesehatan kandung kemih. Memang agak spesifik organ tubuh yang aku bahas ini.

Lalu apa hubungan Cranberry dan Kandung  Kemih ?




Pertama yang mau aku kupas adalah bahan yang terkandung dalam Cranberry yaitu Vitamin C yang cukup tinggi. Terdapat juga kandungan serat, mineral, flavonoid antosianidin, sianidin, peonidin, dan quercetin. Selain itu kaya akan antioksidan Polifenol yang bermanfaat untuk kesehatan jantung dan mencegah dari penyakit kanker.

Ada satu lagi jenis antioksidan yang bernama " Proanthocyanidins " terkandung dalam tanaman bernama latin Oxycoccus ini berkhasiat untuk mencegah pertumbuhan bakteri yang menyebabkan infeksi.


Infeksi dimana?

Kalian pernah nggak merasa ingin buang air kecil secara terus-menerus tapi ketika mau dikeluarkan urine-nya cuma sedikit, tak jarang disertai rasa sakit dan rasa tidak nyaman pada area perut dan alat kelamin. Ini yang disebut anyang-anyangan, pernah dengar?

Anyang-anyangan atau Disuria ini disebabkan karena beberapa hal diantaranya yang aku dapat dari beberapa artikel kesehatan ;
  • Sering menahan buang air kecil
  • Kurang minum air
  • Adanya iritasi pada organ intim
  • Penggunaan sabun, parfum atau produk perawatan organ intim yang kurang tepat
  • Faktor hormonal
Beberapa penyebab diatas kadang yang secara tidak sengaja kita lakukan dan kerap dianggap sepele. Aku sendiri pernah mengalaminya walau tidak sampai parah karena memang aku itu tipikal yang baru minum air kalau sudah merasa sangat haus. Padahal itu SALAH BANGET ! Justru pada saat kita sudah merasa haus itulah kondisi tubuh sudah mulai masuk fase dehidrasi. 

Anyang-anyangan kalau tidak ditangani dengan cepat dan tepat dapat menyebabkan infeksi pada kandung kemih karena menumpuknya mineral keras akibat dari tidak tuntasnya pembuangan urine dari dalam tubuh. Kalau sudah infeksi biasanya ada bakteri yang berperan kalau tidak segera ditangani bisa menyebabkan infeksi saluran kemih (ISK).

Gejala anyang-anyangan yang perlu diketahui adalah jika sudah merasa ;

  • Rasanya ingin buang air kecil terus
  • Buang air kecil sedikit
  • perubahan bau dan warna pada urine
  • Biasanya ada rasa nyeri pada panggul kalau untuk wanita 
  • Ada demam juga

Ingat tadi salah satu khasiat Cranberry yang mampu mencegah timbulnya bakteri penyebab infeksi ?
Klaim ini berdasarkan hasil penelitian 4 kali uji klinik secara acak yang membuktikan bahwa jus cranberry dapat menghambat infeksi bakteri pada saluran kencing. Riset ini dikembangkan pada tahun 2004 oleh lembaga pengawas makanan  dan obat dari Perancis, AFSSA.

Tapi kalau kita bikin jus Cranberry setiap hari selain kurang praktis tentunya memakan biaya yang tidak sedikit mengingat jenis buah beri yang satu ini masih harus import untuk mendapat kualitas yang bagus. Nah, ini yang mau aku infokan kalau ada produk buatan dalam negeri yang bisa memenuhi kebutuhan suplemen tambahan  ini.





" Prive Uri-Cran " ini bisa jadi solusi agar kita tidak perlu repot membuat jus cranberry karena kandungannya terbuat dari  ekstrak buah cranberry. Seperti pada kapsulnya yang mengandung 250 mg ekstrak cranberry dan pada Prive Uri-Cran plus yang berupa serbuk mengandung 375 mg ekstrak cranberry. Plusnya adalah terdapat Probiotic dan Vitamin C. Jadi lebih praktis tanpa mengurangi khasiat dari buah cranberry dan pastinya diproses oleh salah satu produsen obat yang sudah cukup lama dan terkenal di Indonesia, PT. Combiphar.










Prive Uri-Cran ini bisa diminum kapan saja, membantu menjaga kesehatan saluran kemih dan mencegah anyang-anyangan.

Selain itu beberapa hal berikut mungkin bisa dijadikan tips agar tehindar dari anyang-anyangan dan infeksi saluran kemih, diantaranya ;



  • Cukup minum air
  • Menjaga kebersihan area organ intim
  • Hindari seringnya menahan buang air kecil
  • Istirahat cukup
  • Menjaga pola makan dan makanana yang bergizi seimbang
  • Segera konsultasi pada dokter jika kondisi mulai tidak nyaman

Anyang-anyangan atau Disuria ini paling banyak menyerang pada kaum wanita, kalau dari pengalaman pribadi dan Jangan Ditiru! aku termasuk yang suka menahan untuk buang air kecil. Alih-alih mencari toilet umum yang bersih jadi lebih baik ditahan 😅. Ini salah banget ya teman-teman, tapi memang kalau sedang di luar rumah hal seperti ini kadang jadi kendala juga, terkesan sepele namun jika dilakukan terus menerus sangatlah tidak baik.

Prive Uri-Cran ini sudah bisa didapatkan baik secara online maupun offline. Untuk online bisa didapatkan di Combiphar Official Store-Prive Uri-Cran. Untuk pembelian secara offline bisa ditemukan di toko obat modern / drugstore atau di toko obat terdekat.

Jangan sepelekan anyang-anyangan ! Kalau sudah terasa beberapa gejala yang tadi disebutkan segera konsultasikan pada dokter. Tetap jaga kesehatan diri dan kebersihan tempat kita tinggal. Mencegah itu lebih baik dan lebih mudah daripada mengobati.





                                  Facebook : Prive Uri-Cran
                                  Instagram : uricran.id

































Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jangan lupa sertakan nama dan alamat blognya (kalo ada)