Rabu, 20 Mei 2020

Mencegah Gangguan Kesehatan Mental Dikala PSBB


Kesehatan mental menjadi hal serius yang harus diperhatikan. Karena terkadang, seseorang bahkan tidak sadar jika dirinya mengalami gangguan kesehatan mental. Banyaknya yang tidak menyadari karena sebagian orang masih belum terlalu memperhatikan kesehatan mentalnya. Karena untuk memeriksakan kesehatan menta sebagian orang takut dinilai buruk oleh masyarakat. Padahal menjaga kesehatan mental sangat penting untuk diri sendiri. 

Jika anda merasa diri anda baik-baik saja, belum tentu kesehatan mental anda juga baik-baik saja. Ada banyak faktor yang membuat seseorang mengalami gangguan kesehatan mental. Misalnya tekanan hidup yang membuat seseorang memiliki beban yang berat. Meskipun banyak factor yang membuat seseorang mengalami gangguan kesehatan mental, ada caranya  untuk mencegah seseorang dari gangguan kesehatan mental. 


Faktor Pengaruh Gangguan Kesehatan Mental

Kesehatan mental mencakup banyak hal seperti kenyamanan emosional, psikologi maupun hubungan sosial. Dari ketiga aspek tersebut, masing-masing dapat mempengaruhi seseorang dalam berpikir, merasakan dan bertindak. Tidak hanya itu, aspek tersebut dapat mempengaruhi cara mengatasi stress, menjalankan hubungan dengan orang lain dan ketika membuat keputusan. Kesehatan mental adalah hal yang sangat penting dimulai dari anak-anak hingga dewasa. Beberapa hal yang dapat berpengaruh dari Kesehatan mental yang terganggu yaitu : 

1.   Tingkah Laku
Perubahan yang paling mudah untuk diamati adalah tingkah laku seseorang. Perubahan tingkah laku ini dapat terjadi seperti mengkonsumsi banyak alkohol untuk mendapatkan ketenangan. 

2.   Perasaan
Kondisi Kesehatan mental yang terganggu terkadang ditandai dengan timbulnya kesedihan yang mendalam dan berkelanjutan pada diri seseorang.

3.   Cara Pikir
Seseorang yang mengalami gangguan kesehatan mental akan berpengaruh pada cara pikir dan pola pikirnya. Kadang seseorang yang mengalami gangguan Kesehatan mental akan sulit untuk berpikir secara sehat dan kadang lebih mengutamakan emosi. 

Cara Mencegah Gangguan Kesehatan Mental
Stress dan depresi adalah dua penyebab utama yang sering dikaitkan pada seseorang yang mengalami gangguan kesehatan mental. Untuk mencegah seseorang mengalami stress, maka anda bisa mencoba beberapa hal berikut :

1.   Melakukan Aktivitas Fisik Secara Rutin


sumber : Pixabay


Melakukan semua bentuk aktivitas fisik dapat berguna sebagai penghilang stress dan depresi. Aktifitas fisik yang anda lakukan dapat memompa endorphin dan zat kimia alami lainnya yang dapat meningkatkan rasa nyaman. Olahraga juga dapat membuat membuat anda berfokus pada Gerakan yang kemudian meningkatkan suasana hati dan mengurangi perasaan yang buruk.


2.   Mengkonsumsi Makanan Sehat



sumber : Pixabay


dengan mengkonsumsi makanan sehat anda sudah bisa mencegah gangguan Kesehatan mental. Karena dengan mengkonsumsi makanan sehat merupakan bagian penting dari menjaga diri sendiri. Mengkonsumsi beberapa jenis makanan yang baik bagi tubuh seperti buah, sayuran dan biji-bijian sangat dianjurkan. 



3.   Tertawa






Banyak yang mengatakan jika tertawa tidak hanya meringankan beban mental tetapi juga menyebabkan perubahan fisik secara positif pada tubuh.



4.   Memiliki Orang Terdekat



sumber: Pixabay


Ketika seseorang merasa stress maka biasanya akan menutup diri. Namun, sebaiknya menemui teman atau orang terdekat untuk meredakan stress. Namun, apabila anda merasa takut untuk mengatakannya pada teman terdekat anda, kini Halodoc memiliki solusi jitu untuk anda. Anda akan menemukan banyak psikolog yang akan mendengarkan segala keluh kesah anda.



5.   Memiliki Tidur yang Cukup



sumber : Pixabay 


Tidur adalah waktu ketika otak dan tubuh beristirahat. Kualitas dan jumlah tidur anda dapat mempengaruhi suasana hati, energi, konsentrasi dan fungsi tubuh secara keseluruhan. Jika ingin mencegah gangguan Kesehatan mental, maka milikilah tidur yang berkualitas dengan merilekskan diri sebelum jadwal tidur. Misalnya mendengarkan musik yang menenangkan dan membuat suasana kamar menjadi nyaman seperti dengan aromaterapi.



Itu dia berbagai macam cara untuk mencegah gangguan kesehatan mental yang dapat anda lakukan. Dengan berkonsultasi dengan orang yang tepat, dan memperbaiki pola hidup yang sehat, anda akan sehat secara fisik maupun mental. 

Apabila Anda memiliki keluhan atau gejala terhadap kesehatan mental anda atau keluarga anda, bisa menggunakan aplikasi Halodoc. Karena dengan menggunakan aplikasi Halodoc, anda dengan mudah bisa terhubung dengan dokter spesialis dan dapat berkonsultasi dengan baik. Selamat mencoba dan semoga artikel ini bermanfaat ya!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jangan lupa sertakan nama dan alamat blognya (kalo ada)