Sabtu, 15 Juli 2017

Review: Purbasari Hi-Matte Lip Cream

Tren lipstik cair masih belum memudar rupanya, karena semakin banyak produk lipstick cair yang ditawarkan dari berbagai macam brand baik itu dari dalam maupun luar negeri. Dan sekarang dari dalam negeri mulailah bermunculan jenis lipstik dengan konsep ini. Lipstik cair dengan hasil matte atau semi-matte kini mulai banyak dipasaran lokal. Brand dalam negeri mulai berlomba-lomba untuk membuat lipstik cair dengan varian warna,tekstur dan tentunya harga yang terlihat sangat bersaing.


Awalnya aku cukup kaget sekaligus senang akhirnya brand yang satu ini juga mengikuti arus lipstik cair yang mengalir begitu deras. Mungkin aku agak telat untuk mereview produk yang satu ini tapi aku merasa kalian harus tahu pendapatku tentang produk yang satu ini. Karena aku yakin hasilnya akan berbeda pada setiap orang. 

Apa yang pertama kali terlintas di benak kalian jika membaca atau mendengar kata "Purbasari"? Pasti kalian akan teringat dengan lulur mandinya yang sudah terlebih dahulu terkenal dan juga sempat booming dengan lipstick mattenya. Tapi kini Purbasari akhirnya meluncurkan lipstik cair pertama mereka yang diberi nama " Purbasari Hi-Matte Lip Cream" sebanyak 5 macam warna dan tiap warnanya konon menurut cerita yang aku dapat terinspirasi dari nama bunga. Lalu seperti apakah performa dari lipstik cair yang satu ini? 
Apakah mampu menjadi yang terbaik dari semua lipstik cair lokal yang ada? 
Apakah termasuk "must have items"?
Keep reading, Ladies!

KEMASAN

Purbasari Hi-Matte Lip Cream dikemas dalam tube berbentuk persegi dengan tutup berwarna hitam matte dan bagian tube yang transparan sehingga kita bisa langsung melihat warna yang ada di dalamnya. Konsep ini menurutku sangat memudahkan untuk melihat langsung warna lipstik yang akan dipakai tanpa harus menghapalkan nama setiap warnanya.


Ada aksen warna gold yang menghiasi bagian antara bagian tutup dan tube kemasan. Kalau kalian punya produk lipstik cair atau lipgloss dari Sleek Cosmetics pasti langsung teringat kalau packagingnya hampir sama hanya kalau Sleek Cosmetics ukurannya sedikit lebih besar dan bagian sudut-sudutnya tidak terlalu tajam seperti Purbasari ini. Sleek Cosmetics punya sudut-sudut yang lebih halus. Well, kebetulan aja mirip ya 😉 tapi ini ngga jadi masalah kok. Justru dengan kemasan seperti ini jadi terlihat lebih simple dan tetap elegan.

Kalian akan menemukan kode warna dan nama setiap warna pada bagian bawah tube. Seperti yang kubilang tadi ada 5 macam warna yang diluncurkan oleh Purbasari Hi-Matte Lip Cream mereka adalah VINCA, AZALEA, LANTANA, ZINNIA, FREESIA yang terinspirasi dari nama-nama bunga. Purbasari Hi-Matte Lip Cream memiliki aplikator yang umum ditemukan pada lipstik dengan format cair seperti ini. Aplikator doe foot-nya menurutku cukup nyaman dipakai, ukurannya tidak terlalu besar dan mudah mengikuti contour bibirku.




Dan tiap Purbasari Hi-Matte Lip Cream dikemas lagi dalam dus  berwarna  hitam matte dengan aksen gold untuk tulisan "Purbasari"-nya dan sedikit "jendela" kecil untuk mengintip warna yang terdapat didalamnya. Pada kemasan luar ini kita bisa mendapatkan infomasi seputar komposisi bahan, No BPOM, keterangan produksi dan lain sebagainya.

   

KOMPOSISI BAHAN-BAHAN

Purbasari Hi-Matte Lip Cream mengandung UV Filter yang melindungi bibir dari paparan sinar matahari dan Vitamin E yang berfungsi sebagai antioksidan dan membuat bibir tetap lembut, kencang dan mengurangi tanda-tanda penuaan. Bahan-bahan lain yang terkandung dalam Purbasari Hi-Matte Lip Cream diantara adalah: 

Isohexadecane, Pentaerythrityl Tetraisostearate, Ricinus Communis Seed Oil, Silica, Cyclopentasiloxane, Talc, Beeswax, Isododecane, Tribehenin, Caprylic/Capric Triglyceride, Disteardimonium Hectorit, Methicone, Dimethicone Crosspolymer, Propylene Carbonate, Parfume, Hydrogen Dimethicone, Dimethicone/Vinyl Dimethicone Crosspolymer, Octyl Methoxynnamate, Tocopheryl Acetate, Propylparaben, BHT, Cyclomethicone Dan Dimethiconol. 
May Contain: CI 77891, Red 7 (CI 15850:1) CI 45410:2, CI 15850:2, CI19140:1, CI 77491, CI 77120 dan CI 77499


TEKSTUR DAN SWATCHES

Purbasari Hi-Matte Lip Cream ini punya tekstur yang creamy dan dia ngga gampang kering. Jadi hasilnya ngga bakal 100% matte kalau boleh aku bilang. Dia butuh waktu lebih dari 1 menit untuk bisa kering dan karena dia ngga 100% matte masih ada kemungkinan bakal transfer kemana-mana. Daya tahannya juga terbilang biasa aja kalau menurutku, lipstik ini akan bergumpal-gumpal dan terasa mulai rontok pada bagian dalam bibir setelah pemakaian beberapa waktu TAPI hanya beberapa warna saja. 

Jadi dari ke-5 warna ini tidak semuanya jadi favoritku karena tekstur dan pigmentasinya. Rasanya memang ringan di bibir ketika dipakai, tidak ada sensasi seperti ada cat yang menempel di bibir ketika sudah kering. Dan aku menemukan ada wewangian yang manis seperti permen atau kue dari Purbasari Hi-Matte Lip Cream ini. 

Dari kiri-kanan: Vinca, Azalea, Lantana, Zinnia, Freesia
Lalu ini adalah hasil swatch pada bibirku, PERHATIAN! hasil akan berbeda tergantung warna kulit dan aku membuat swatch ini ketika bare face alias ngga pakai makeup sama sekali supaya warnanya lebih terlihat nyata... errrr... dan lagi males pakai makeup juga 😂.


Ok, kita mulai dari warna yang paling muda, Purbasari Hi-Matte Lip Cream warna Vinca  ini   punya warna peach/salem yang amat terang dan sukses bikin kulitku terlihat lebih gelap dan kusam. Teksturnya creamy tapi agak tebal dan susah mendapatkan warna yang opaque. Butuh beberapa kali aplikasi untuk dapat menutupi warna asli bibir karena kalau sekali dua kali oles hasilnya akan sheer dan sedikit patchy. This one not my fave, Sorry!


Purbasari Hi-Matte Lip Cream Azalea ini hampir menyerupai warna bibirku dan Azalea ini salah satu FAVORITKU. Teksturnya pas, warnanya juga masuk dengan tone kulitku. Pokoknya cocok dipakai sehari-hari warna pinky-peach kayak gini walau ketika di swatch ditangan hasilnya lebih ke pinky-light mauve. Warnanya dijamin aman buat kalian yang ngga suka pakai warna bold tapi pengen tetap terlihat fresh. 

Purbasari Hi-Matte Lip Cream Lantana, kalo yang ini warna pinknya agak berani karena lebih terang dari warna Azalea tadi. Warnanya lebih seperti pinkish-coral tapi lebih banyak pinknya. Kalau kalian pernah lihat seragam ibu-ibu Bhayangkari, rasanya hampir mirip seperti ini. Lantana ini juga punya tekstur yang pas, tidak patchy, mudah diaplikasikan dan pigmentasinya juga oke.


Purbasari Hi-Matte Lip Cream Zinnia, buat kalian pecinta warna pink barbie warna Zinnia ini boleh juga dicoba. Kalau aku lihat ini warna pinknya masih cocok dipakai sehari-hari sayangnya teksturnya hampir sama dengan Vinca, agak susah di build up jadi butuh beberapa kali pulasan untuk mendapatkan warna yang diinginkan. 


Purbasari Hi-Matte Lip Cream Freesia ini punya warna merah klasik yang masih sopan untuk dipakai sehari-hari. Teksturnya pas, mudah diaplikasikan dan pigmentasi yang baik untuk sekali pulas saja. Tidak patchy dan menutup warna bibirku dengan baik. This is my another fave! Aku suka banget sama warna merahnya yang ngga aneh-aneh dan bikin muka jadi cerah seketika.

HARGA

Purbasari Hi-Matte Lip Cream ini punya range harga yang bervariasi tergantung dimana kalian beli. Karena jika membeli di online shop yang kebetulan memang menjual dengan harga grosir kalian akan mendapatkan di kisaran harga 30-40 ribu Rupiah. Tapi kalau dari Purbasarinya sendiri harganya sekitar 40-50 ribuan. Kalau aku ini beli lewat online dan belinya juga lumayan banyak waktu itu karena berbarengan dengan Sista-ku dari Fiarevenian.com dan Sista-ku dari Cleoputri.com jadi dapet lebih murah. 


Bagaimana? masih bertahan teman-teman?
Tenang kita sudah sampai di kesimpulan, jadi dari keseluruhan ada beberapa hal yang bikin aku suka sama Purbasari Hi-Matte Lip Cream ini.

Yang aku suka dari Purbasari Hi-Matte Lip Cream ;
- Terasa ringan dibibir
- Untuk warna-warna gelap pigmentasinya OK
- Kemasan travel friendly
- Pilihan warna banyak
- Harga terjangkau

Yang aku tidak suka dari Purbasari Hi-Matte Lip Cream ;
- Untuk warna-warna terang susah sekali di build up
- Ada ketidakkonsistenan tekstur untuk warna-warna terang
- Masih transfer keman-kemana
- Warna-warna terang agak patchy
- Keringnya lama

Tapi walaupun ada hit and miss aku tetap bangga karena produk dalam negeri kini kualitasnya sudah mulai baik dan semoga saja bisa bersaing dengan banyaknya produk luar yang masuk ke Indonesia. Overall aku suka banget akhirnya Purbasari meluncurkan juga lip cream pertamanya dan aku sangat menunggu warna-warna barunya, semoga saja.

Sampai di sini dulu, ini adalah review berdasarkan pengalaman pribadi jadi mungkin beberapa hal akan sedikit berbeda hasilnya. See you, bye!









1 komentar:

  1. kalau dipake makan ilangnya blentong2 ga ya

    reflectionofflowrin.blogspot.co.id

    BalasHapus

Jangan lupa sertakan nama dan alamat blognya (kalo ada)