Kamis, 15 Maret 2018

First Impression: Maybelline Super Cushion Ultra Cover, "Natural Beige" and "Sand Beige"



Assalamualaikum, 
Cantik dimana pun berada,

Setelah kemarin penasaran sama Cushion dari Mizzu kali ini aku coba cushion lagi yang sebenarnya bukan brand baru juga, Maybelline dengan cushion foundationnya. Tapi sebenarnya aku juga agak bingung apakah ini adalah pengganti Maybelline Super BB Cushion yang punya warna packaging pinkish-cream gitu atau memang produk baru dengan segala macam
upgrade fungsi dan bahan? karena kalau aku lihat Super BB Cushion masih ada di pasaran. Lalu kenapa aku lebih memilih Maybelline Super Cushion Ultra Cover ini? simak terus sampai selesai πŸ˜‰.

KEMASAN

Maybelline Super Cushion Ultra Cover punya kemasan yang menurutku sangat elegan dengan warna hitam glossy dipadu warna coklat muda keemasan terlihat mewah dan mahal. Dilengkapi dengan sponge aplikator yang menurutku ini lebih bagus daripada sponge cushion Mizzu, karena aku baru mencoba cushion Mizzu jadi baru bisa membuat perbandingan dengan produk ini. Lebih bagus di sini karena sponge Maybelline Cushion ini tidak terlalu banyak menyerap produk jadi hanya berperan sebagai penghantar produk ke wajah selain itu membaurkan produk dengan baik juga. Hanya saja warna sponge yang hitam membuatnya lebih mudah terlihat kotor.


bagian belakang kemasan box


Selain itu cushion juga dikemas dalam box hitam warna senada dengan wadah cushionnya. Dibagian belakang bos terdapat deskripsi produk, tapi kok aku ngga nemu bahasa Indonesia ya? yang ada cuma Bahasa Inggris dan sepertinya tulisan Jepang (cmiiw). Tersedia juga cermin kecil dalam cushion ini. Bagian yang terdapat foundation berbentuk seperti busa pada umumnya cushion dan terdapat penutup untuk setiap cushionnya. Hal ini bertujuan agar cushion tidak cepat kering dan terlindungi dari udara dan debu luar.


Bagian dalam cushion warna "natural beige"


TEKSTUR, WARNA, COVERAGE



Yang aku rasakan cushion ini punya tekstur yang lebih cair dari foundation cair biasanya dan terasa lebih ringan. Oh iya ini aku beli di Official Store Maybelline yang ada di Lazada dan entah kenapa mereka memberikan warna refil yang berbeda. Di satu sisi aku merasa beruntung karena bisa mencoba 2 warna sekaligus karena memang warnanya hanya ada 2 ini saja "Natural Beige" dan "Sand Beige". Dan ternyata warna yang paling cocok untuk warna kulitku walau masih agak terang sedikit  yaitu "Sand Beige" yang pada kemasannya cushionnya terlihat lebih gelap tapi setelah diaplikasikan ternyata tidak segelap itu. Sedangkan warna "Natural Beige" jadinya terang banget untuk warna kulitku. 


Warna "Sand Beige" ini kalau untuk kulitku jatuhnya agak krem muda dengan sedikit sekali hint kuning. Dan kalau kalian perhatikan lagi ternyata kameraku menangkap adanya kilauan padahal aku kalau ngga salah cushion ini harusnya menghasilkan riasan yang terlihat matte. Apalagi untuk warna "Natural Beige" terlihat sekali ada kilauan disana. Kilauan ini entah berasal dari glitter yang amat sangat halus atau bukan karena kalau dilihat menggunakan mata tidak terlalu nampak dan setelah di-set menggunakan bedak tabur atau setting powder hasilnya memang jadi lebih matte. 

Untuk coverage atau daya tutup, sebenarnya tergantung kondisi kulit juga soalnya buat kalian yang punya kulit wajah mulus bak porselain 1-2 lapisan sudah bisa menutup wajah. Sementara untuk aku yang punya bagian yang harus ditutupi seperti bekas jerawat, noda hitam dan lainnya butuh 3 sampai 4 lapisan baru bisa menutup itu pun masih kategori medium. Jadi kalau menurutku daya tutupnya antara sheer hingga medium dan masih sangat fleksible untuk menjadi full coverage hanya saja mungkin membutuhkan lebih banyak lapisan atau di setting menggunakan compact powder daripada setting powder.

Ini adalah hasil untuk pemakaian hingga 4 lapisan, balik lagi karena teksturnya cair jadi butuh lebih banyak untuk menutupi jenis kulit yang punya banyak noda di wajah seperti ini. Dan warna "Sand Beige" ini ternyata berbaur dengan warna foundation Dermacol Makeup Cover nomer 218 yang aku pakai untuk membentuk alis. Bisa dilihat untuk bagian bawah mata sedikit bisa menutupi warna gelap tapi tidak bisa menyamarkan garis kerutan  dan pori-pori masih terlihat kalau difoto dari dekat gini. 




1. wajah sudah diberi base seperti primer dan moisturizer, di sini aku menggunakan Catrice Prime and fine smoothing refiner untuk primer dan Studiotropik  Flawless Priming Water sebagai moisturizer.

2. Maybelline Super Cushion Ultra Cover "Sand Beige" ke seluruh wajah.

3. Ini aku coba conturing menggunakan Catrice Sunglow Mineral Bronzing Powder (shade Golden Light) dan coba "baking" pakai Catrice Nude Illusion Loose Powder dan ternyata kurang tepat karena justru bikin area bawah mata jadi terasa makin kering. Cushion ini menge-set sendiri lebih cepat dari yang aku kira jadi proses baking mungkin bisa di-skip saja.

4. Hasil setelah semua persiapan singkat selesai. Awalnya memang terlihat matte tapi yang aku perhatikan setelah aku kelura rumah selama beberapa jam hasilnya tidak lagi se-matte pada awal pemakaian, wajah jadi terlihat lebih mulai terlihat glowy padahal persiapan sebelumnya itu hampir semua produk Catrice yang digunakan berfungsi untuk membuat tampilan lebih matte. Karena namanya masih percobaan sampai saat ini aku masih mencoba berbagai base yang aku punya untuk mendapatkan hasil pemakaian cushion yang terlihat lebih matte.

Tapi karena yang menurut ke-sok-tahu-an aku ini biasanya hasilnya memang agak dewy gitu bukan? jadi aku pikir walau diklaim memiliki hasil akhir terlihat matte toh pada ujungnya juga bakal terlihat glowy, atau hal ini hanya berlaku untuk orang yang memiliki jenis kulit tertentu?

Untuk ketahanannya balik lagi bagaimana persiapan kulit kita sebelum menggunakan cushion ini kalau menurutku, karena untuk aku pribadi selama beberapa kali menggunakan cushion ini agak sedikit kecewa karena pertama muka terlihat mulai glowy setelah beberapa jam pemakaian yang membuatku kurang suka karena hal itu menambah kulitku jadi terlihat lebih berminyak, lalu ketika aku mencuci muka untuk berwudhu terlihat beberapa bagian seperti hidung, dagu dan sedikit di bagian pipi mulai hilang cushionnya, entah kenapa aku pun kurang paham apa mungkin bagian tersebut sedang kurang bagus teksturnya atau ada yang salah dengan base-nya.

Jadi kalau untukku,  touch up is a must! kalau ngga bakal terlihat belang karena ada bagian yang mulai hilang. Tapi untungnya karena dia teksturnya cair dengan mudah kita bisa aplikasi ulang kalau aku cukup dengan menepuk-nepuk cushion dibagian yang terlihat "menghilang" tanpa harus di-set dengan bedak lagi.


Ternyata pakai cushion lebih ribet dari foundation biasa ya (menurutku) πŸ˜‚ karena aku harus selalu mengecek kondisi ke-glowy-an  wajah, beruntunglah kalian yang punya kulit wajah bagus jadi dipakein alas bedak model gini bisa santai aja. Oh iya dari segi harga cushion ini terbilang lumayan mahal sebenarnya kalau buatku, cuma karena kemarin penasaran sejak beli Mizzu Glam Rock Aqua Foundation salah warna dan stok foundationku mulai menipis aku pengen coba model cushion gini dan ternyata sepertinya belum nemu cushion yang bikin aku jatuh cinta. Cushion Maybelline ini aku beli dengan harga 278 ribu Rupiah sudah dengan refil di Official Store Maybelline yang ada di Lazada ya.

Waktu itu sih bilangnya sedang ada promo bundling terus diskon dari harga 400 ribuan dan aku terkena jebak marketing gimmick karena harga aslinya mungkin memang 200 ribuan sih  πŸ˜‚πŸ˜‚ oh well, senang rasanya bisa menertawai diri sendiri. Karena masih dalam tahap trial and error jadi segitu dulu kayaknya yang bisa aku ceritakan, masih perlu digali lebih dalam lagi apakah produk ini bakal jadi foundation favorite dan apakah bisa menggantikan Catrice Full Coverage HD Foundation kesayanganku?


Baiklah kita rangkum sedikit dari first impression menggunakan Maybelline Super Cushion Ultra Cover ini :

πŸ‘ Puffnya tidak menyerap produk banyak
πŸ‘ Sudah mengandung SPF 50+/PA+++
πŸ‘Teksturnya mudah dibaurkan

πŸ‘Ž Pilihan warna hanya ada 2
πŸ‘Ž Harga lumayan mahal
πŸ‘Ž Untuk jenis kulitku kurang tahan lama, butuh touch up
πŸ‘Ž Ngga terlalu menyamarkan pori-pori


Semua kembali lagi pada kalian apakah produk ini layak dicoba atau tidak karena hasil pasti berbeda untuk setiap individu. Semoga postingan ini sedikit membantu ya teman, kalau ada yang sudah pernah pakai boleh banget share pengalaman kalian juga di kolom komentar ya, sampai bertemu lagi di postingan selanjutnya.






4 komentar:

  1. Kalau buat kulit sawa matang kek aku cocoknya yg sand beige kali ya.
    Syg klo mahal tp ga tahan lama ya heheh

    www.ursula-meta.com

    BalasHapus
  2. Aku lihat yang sand beige terus berpikir itu shade kulitku banget sepertinya ehhe... Thanks for sharing kak! Aku pecinta cusshion

    BalasHapus
  3. maybelline aslinya made in mana ya. koq di box nya tertulis made in china bukannya maybelline dari new york.

    BalasHapus

Jangan lupa sertakan nama dan alamat blognya (kalo ada)