Minggu, 19 Agustus 2018

5 Tips “Survival” Yang Bikin Hidupmu Lebih Mudah






Ini adalah kolaborasi pertamaku dalam menulis blog bersama teman-teman dari Bandung Hijab Blogger. Setelah melewatkan beberapa kolaborasi sebelumnya karena masih banyak sekali hal yang harus dikerjakan selama masa perpindahan antar kota antar propinsi ini, tapi selama perjalanan ini aku jadi menemukan hal-hal kecil yang menurutku sangat membantu untuk bisa “survived”.


Beberapa hal tersebut coba aku rangkum secara singkat dan mudah-mudahan berfaedah buat yang membaca. Walau sebenarnya bukan ahlinya bikin tips hanya coba berbagi sedikit cara mudah yang aku ketahui, sudah dicoba dan berhasil. Jadi tanpa berpanjang lebar lagi karena takut terlanjur lupa apa saja yang mau di tulis ya :D kita mulai saja.
Oh iya mungkin tips yang bakal aku tulis ini sangat random ya, jadi enggak 100% tentang beauty.

1.  Alih Fungsi Brush Guard




Kalau kemarin ada yang lihat Instagram story yang aku bikin yang mana harus follow dulu ya, Insha Allah aku follow balik asal bukan akun  jualan krim pencerah atau peninggi badan aja :P
Aku share tentang alih fungsi dari brush guard, Yep! brush guard kalian enggak salah baca kok, itu lho benda yang seperti jaring terbuat dari plastik yang biasa dipakai untuk melindungi kuas biar rapi dan terjaga kebersihannya. 

Seperti yang aku bilang tadi karena sedang sering melakukan perjalanan antar kota, otomatis harus membawa perlengkapan segala macem termasuk kosmetik. Kebetulan ada foundation yang tutupnya enggak bisa nempel di botolnya dengan benar, terkadang terlepas sendiri bikin ngeri dan hariwang (baca: khawatir). Entah dapat ide darimana tiba-tiba aja ambil brush guard lalu dipakaikan pada botol foundation dan berhasil :D tutupnya enggak lepas-lepas lagi, kokoh, damai dalam pouch. Dan akhirnya dicoba juga untuk melindungi beberapa lipstick kesayangan tapi bukan karena tutupnya longgar juga tapi takut rusak lantaran beradu dengan produk lain di dalam pouch yang bisa bikin casing lipstick tergores.

2.  Sereh Untuk Pengusir Nyamuk


source: Pixabay


Mungkin diantara kalian ada yang sudah pernah mencoba ini, tanaman yang berbau khas dan lebih sering digunakan sebagai bumbu masakan ini ternyata cukup ampuh untuk menolak nyamuk dan membuat ruangan menjadi lebih wangi. Sekilas wanginya memang seperti lemon tapi ada sedikit wewangian rerumputan yang mana tanaman ini juga sering disebut “Lemongrass” . 

Cara ini cukup mudah, murah dan aman karena 100% alami tidak mengandung bahan kimia cocok sekali untuk kalian yang kurang suka menggunakan obat nyamuk semprot atau bakar. Atau untuk perlindungan anak-anak dari nyamuk ketika tidur.


Yang dibutuhkan 10-20  tangkai sereh tapi kalau mau lebih banyak  akan lebih baik dan kalau mau belilah di pasar karena kalian akan mendapatkan banyak sekali ketimbang beli di tukang sayur keliling. Potong sedikit bagian daunnya, lalu memarkan bagian bonggol (yang berwarna putih). Kalau aku biasanya meletakkan dengan posisi bonggol di atas dan dimasukan dalam vas yang berukuran tidak terlalu besar. Biarkan bagian bonggolnya terkena udara yang akan membuat aromanya keluar. Ganti sereh jika sudah terlihat kering, biasanya satu minggu sekali masanya.


3.  Make up Remover Untuk Bulumata Palsu

Sebenarnya ini adalah tips lama yang rasanya saying kalau enggak aku share lagi. Jadi buat teman-teman yang suka pakai bulumata palsu dan punya satu atau dua model bulumata yang sedang difavoritkan banget, cara ini mungkin bisa membantu untuk tetap menggunakan bulumata tersebut walau sudah berkali-kali dipakai sekaligus penghematan.

Hanya perlu dengan sedikit make up remover yang biasa dipakai bisa membersihkan bulumata palsu agar bisa terus digunakan. Biasanya akan lebih mudah jika menggunakan make up remover yang berbentuk biphase, yang biasa terlihat seperti ada air dan minyak yang tidak bersatu itu lho. Atau bisa juga menggunakan micellar water yang memiliki format seperti ini.

Untuk lebih jelasnya bisa kalian lihat di postingan ini.


4.  Menghemat kuota internet dengan aplikasi Word dan Notes

Ini salah satu cara untuk penghematan kuota internet juga dimana pada saat tertentu pasti kita harus bisa tetap produktif walau minim koneksi internet dan kuota. Cara ini yang saat ini aku lakukan agar tetap bisa update tulisan di blog. Pasti kalian sudah tidak asing dengan aplikasi Word atau Notes. Kedua Aplikasi ini biasa digunakan untuk membuat dokumen tanpa harus terkoneksi dengan internet.

Untuk kedua aplikasi ini bisa kalian download-install terlebih dahulu lalu pergunakan dalam keadaan gadget yang biasa digunakan untuk membuat tulisan dalam keadaan tidak terkoneksi dengan internet baik itu paket data atau wifi. Setelah selesai membuat satu tulisan, copy-paste ke halaman blogger/wordpress tempat biasa membuat artikel tentunya pada tahan ini memerlukan koneksi internet, setidaknya sudah berhemat sedikit karena tidak perlu menyalakan internet ketika proses menulis yang mana biasanya memakan waktu yang tidak sedikit.

Untuk aplikasi Notes perlu disinkronisasi terlebih dahulu ke iCloud pada awal pemakaian tapi ketika akan menulis koneksi internet tidak digunakan dan ketika sudah terkoneksi kembali dengan internet maka otomatis akan tersimpan. Biasanya aku pakai aplikasi ini pada smartphone lalu nanti akan tersinkronisasi dengan laptop. Sangat membantu ketika menghadiri seminar atau event lalu lupa membawa laptop.



5.  Jangan Buang Kulit Pisang Sembarangan


Source: Pixabay


Kalau yang ini mungkin sudah ada yang pernah mencoba yaitu maskeran pakai kulit pisang. Tapi bukan harus menempelkan kulit pisang langsung di muka, caranya hanya dengan menggosokkan bagian dalam kulit pisang ke bagian wajah yang sudah dibersihkan. Aplikasikan ke seluruh wajah lalu diamkan 5-10 menit lalu bilas dengan air. Bisa dengan air biasa atau air hangat. Cara ini bikin kulit wajah terasa halus,lembap dan mengurangi timbulnya jerawat. 

Kulit pisang yang digunakan biasanya kulit pisang sunpride atau pisang ambon tapi harus yang sudah matang lho ya, soalnya kalau masih mentah getahnya bakal lebih banyak dan cenderung lebih keras tekstur kulitnya.


Semoga beberapa tips diatas ada yang berfaedah walau mungkin ada yang sudah pernah mencoba, sampai bertemu lagi di postingan selanjutnya.





18 komentar:

  1. Sungguh bermanfaat teh!! Tfyi .. ku penaasaran sama kulit pisang hihi

    BalasHapus
  2. engga kepikiran lah aku sama brush guard ini, kebetulan bgt aku punya foundi yang kek macam begitulah suka lepas tutupnya, ah ku cobalah nanti, terima kasih loh tipsnya teh. btw aku mau beli sereh ah besok banyak nyamuk deh ah sekarang ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biasalah kalau sedang kepepet suka muncul ide tak terduga heehehhe

      Hapus
  3. Iya nih aku pakai sabun sereh buat mandi, lumayan nggak jadi sasaran nyamuk lagi hehe..

    Yang kulit pisang sebenernya udah tau lama, tapi kok masih belum berani akutu buat aplikasiinnya ke muka, maklum mukanya sensitif. Parno duluan :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah sabunn sereh itu versi simple juga jadi enggak perlu geprek-geprek batang sereh heheheh

      Hapus
  4. Wahh teh hani aku tertarik dan baru tau yg daun sereh itu.. karena ak ga bisa pake obat nyamuk semprot/bakar pokoknga yg menimbulkan bau2an krna suka asma keknya tips sereh ini berguna banget buat aku.. secara rumahnya sebelahan sama sawah hehe..makasi teh hani tipsnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya sebenernya ini aku dapet pas lihat anaknya sepupu, waktu dia tidur ibunya bawa sabengket sereh aku kira buat masak eh tahunya buat penghalau nyamuk

      Hapus
  5. MAkasih tulisannya berguna banget buat any..

    BalasHapus
  6. Tertarik nyoba sereh pengusir nyamuk, biar gak pake obat nyamuk yg baunya nyesek banget

    BalasHapus
  7. Aku baru tau malah teh kalo kulit pisang bisa dipake maskeran hihi.. Btw tfs tips nya teh :)

    BalasHapus
  8. Ak pernah denger cara ngusir nyamuk pake sereh. Tapi bingung caranya diapain. Besok mo langsung ke pasar ah beli sereh yang banyak. Oh ya, ini ga perlu ditambahin apa-apa lagi kan ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya aku mah enggak ditambahin apa-apa lagi, cukup sereh sabengket digeprek semua batang yang putihnya

      Hapus
  9. belum pernah nyoba maskeran pake kulit pisang. heemmm ntar cik cobain

    BalasHapus
  10. Belum pernah nyoba teh ngeblog dari hape..leh ugaa😀

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kadang ada saatnya kita engga bisa ngeblog pake laptop/pc terus jadi harus bisa survived heehehe

      Hapus
  11. Omg totally out of the box nuhun pisan teh tips tips uniknyaa

    BalasHapus

Jangan lupa sertakan nama dan alamat blognya (kalo ada)