Sabtu, 01 September 2018

Foundation Halal dari COS X Cosmetics


Assalamualaikum,

Lama tidak menulis tentang produk kosmetik dikarenakan masih dalam proses perpindahan antar kota antar propinsi yang cukup memakan waktu dan tenaga tentunya. Tapi yang namanya rejeki enggak kemana-mana dan enggak bakalan tertukar juga arena disela-sela rasa lelah bolak-balik dapat berita gembira kalau aku jadi salah satu pemenang giveaway yang diadakan oleh Beautynesia. Masih dalam rangkaian anniversary-nya yang ke-3 Beautynesia
sedang rajin banget membuat giveaway dan sebagai salah satu member yang juga sudah mengikuti sejak awal kemunculannya tentunya enggak mau melewatkan semua giveaway yang diadakan.

Salah satu brand yang bekerja sama membuat giveaway yaitu COS X Cosmetics. Terdengar asing di telinga karena jujur  saja aku pun baru mengetahui brand ini. Namun setelah ditelusuri lagi ternyata COS X Cosmetics ini sudah mengantongi ijin BPOM dan dinyatakan Halal oleh MUI. Lalu apa yang membedakan foundation ini dengan foundation yang ada di pasaran? 

COS X Foundation terinspirasi dari make up panggung yang identik dengan coverage yang super-full, terkesan tebal dan memiliki daya tahan yang baik. Karena setahuku make up panggung memang membutuhkan semua itu karena yang terlihat di panggung seperti teater, opera, cosplay terlihat sangat nyata dan ditonton secara langsung. Tapi kali ini mereka mencoba menghadirkan alas beak yang memiliki daya tahan dan coverage seperti make up panggung tapi bisa digunakan sehari-hari dengan nyaman dan tidak terasa berat.




KEMASAN

Aku enggak tahu apakah sebenarnya mereka punya kemasan yang lebih besar dari ini? atau ukuran normalnya memang sebesar ini? hal ini yang masih aku coba cari tahu yang bersangkutan. Tapi sementara produk yang aku dapatkan dikemas dalam jar akrilik kecil transparan seperti ini, diberi label nama brand, nama warna dan semua dalam keadaan tersegel ketika aku dapatkan. Tidak ada yang spesial dari segi kemasan. Dan aku berharap mereka mengeluarkan ukuran yang lebih besar lagi nantinya.





TEXTURE, SHADE AND SWATCHES

Awalnya sempat skeptis sama foundation padat seperti ini karena biasanya tekturnya bakal keras dan sushi dibaurkan. Ternyata seharusnya aku enggak menilai dari tampilannya dulu sebelum mencoba karena ternyata foundation ini bertekstur creamy dan mudah dibaur baik menggunakan tangan atau sponge. Biasanya alas bedak yang seperti ini agar susah jika harus dibaur menggunakan sponge dan lebih mudah dengan jari karena membutuhkan hangat dari tubuh intui mencairkan foundation padat. Tekstur: Approved!

Sementara ini baru ada 4 warna yang aku coba, enggak tahu nanti kedepannya siapa tahu saja mereka akan mengeluarkan warna lain yang lebih spesifik. Keempat warna tersebut diantaranya:

  1. Caramel: untuk kulit sawo matang dengan warm undertone, sedikit hint pink dan hasilnya di kulitku terlihat lebih peachy-pink
  2. Ivory : untuk kulit berwarna putih dengan cool- fair skin tones, sedikit sekali hint tuning dan memang hasilnya warna ini terlalu terang untuk tone kulitku. 
  3. Beige: untuk kulit kuning langsat dengan neutral undertones, ini adalah warna yang paling mendekati tone kulitku yang light-medium dengan neutral undertones
  4. Peach: untuk kulit yang memiliki pink undertone, warna ini aku pakai sebagai concealer untuk area bawah mata yang terlihat agak gelap agar lebih cerah karena untuk tone kulitku hasilnya jadi sedikit peachy/salmon yang mana warna ini biasanya cukup bagus untuk mengkoreksi bagian tersebut.







COVERAGE

Untuk segi coverage atau daya tutup, COS X Foundation menurutku medium hingga full. Untuk menutup noda hitam atau bekas jerawat yang tipis saja foundation bisa menutupi tapi untuk noda yang agak tebal mungkin butuh 2-3 lapisan untuk bisa menutupi dengan baik. Sementara untuk ketahanan sangat bergantung pada jenis kulit, kondisi kulit dan base makeup yang digunakan. Karena pertama mencoba produk ini ketika kulit wajah dalam kondisi kering itu menjadikan sulit foundation ini menempel dengan baik. Jadi untuk kalian yang memiliki jenis kulit kering atau kondisi kulitnya sedang dalam masa kekeringan diharapkan untuk menggunakan pelembap hingga kulit terhidrasi dengan baik.

Tapi untuk yang punya jenis kulit berminyak juga harus tetap menggunakan pelembap dan primer yang sesuai dengan jenis kulit. Biasanya aku mengaplikasikan ekstra pelembap ketika kulit sedang kering, lalu tunggu hingga terserap oleh kulit dan aku memilih menggunakan Hatomugi Conditioning Gel sebagai pelembap dan ini sangat membantu membuat kulit lebih baik dan tidak terlalu kering lagi, foundation juga jadi menempel dan mudah dibaurkan.


Ini adalah sisi wajah yang lebih banyak terlihat bekas jerawat dan jerawat


Kembali pada daya tahan COS X foundation, pertama aku coba dengan menggunakan base dari Elsheskin daily protection- acne series. Hasilnya kurang memuaskan karena foundation jadi agak susah menempel dan tidak terlihat merata di kulit wajah karena base-nya bikin muka terasa agak kering. Pemakaian beberapa jam di dalam ruangan  foundation mulai menghilang di beberapa bagian seperti pipi dan hidung. Untuk percobaan pertama ini aku set foundation COSX ini pakai Maybelline Loose Finishing Powder.

Di set pakai Maybelline Loose Finishing Powder "20-light/medium"
yang terlihat glowy adalah highlighter dari Focallure blush & highlight palette 03

Untuk percobaan kedua aku pakai Hatomugi Conditioning Gel sebagai pelembap, hasilnya memang bikin muka terlihat lebih glowy tapi foundation jadi lebih bisa menempel dan mudah dibaur. Lalu di set pakai Wardah BB Everyday Shine Free Loose Powder dan Wardah BB Lightening Cake Powder shade "Light". Untuk "adonan" yang ini merasa lebih baik dari sebelumnya tapi tidak dari segi ketahanan aku belum bisa bilang banyak untuk percobaan kedua ini.

Di set pakai Wardah BB Everyday Shine Free Loose Powder


Karena ini masih bersifat first impression jadi aku masih belum bisa banyak perihal foundation ini, masih bongkar pasang dalam urusan base karena aku merasa 100% teruji apalagi dari segi ketahanan. Tapi satu hal yang aku suka foundation ini gampang di-blend dan coveragenya yang aku bilang bagus. Untuk harga dan dimana kalian bisa beli, di awal tadi aku sudah kasih link ke website mereka cuma kalau ditanya produk ini asalnya dari negara mana itu juga masih aku tanyakan pada pihak brand dan masih belum mendapatkan jawaban hingga sekarang. Kalau ada yang tahu darimana asal brand ini boleh banget di-share di kolom komentar.

Semoga nanti aku bisa share update dari foundation ini, kalau enggak di sini mungkin di Instagram atau chanel Youtube-ku, until then, bye.







16 komentar:

  1. waw bagus ya teh halal lagi mau coba ah hehehe

    BalasHapus
  2. Wow coveragenya mantap ya teh, jadi kepikiran pengen coba foundie padat kaya gini

    BalasHapus
  3. Reviewnya super lengkhap teh😀

    BalasHapus
  4. Belum pernah nih saya coba foundie ini, ini halal yah? alhamdulillah ya sekarang banyak kosmetik halal

    BalasHapus
  5. Lengkap banget teh review nya.. Ditunggu update review selanjutnya teh, aku masih penasaran hihi

    BalasHapus
  6. ngeblend banget ya teh di wajah, packagingnya juga imut2 banget hehe

    BalasHapus
  7. wahhh gemes sihhh.. pengen coba foundation cosx iniii

    BalasHapus
  8. Dibandingin naturactor sama krayolan gmn teh? Itu kupikir share in jar loh hhe. Btw tteh itu ada typo "sushi dibaurkan" aku gagak fokus jadi lapar.. :(

    BalasHapus
  9. Sebenernya jarang banget pakai foundation, karna emang ga terlalu betah pakai yg full coverage gitu, sering bruntusan setelahnya. Tapi mungkin next time bisa dicoba yah. siapa tau yg ini nggak..

    BalasHapus
  10. Wah. Another halal make up. Coba ah nanti

    BalasHapus
  11. Wah. Another halal make up. Coba ah nanti

    BalasHapus
  12. Saya baeu tau produk ini... Sungguh informatif sekali teteh... Aku kira lip balm ternyata part of complexion hehe

    BalasHapus
  13. Ahh.. ingin punya juga foundationny. Hebat foundie bisa di pake sehari2 penasaran ih

    BalasHapus
  14. Wahhh bagus yaaa.. Jd pengen nyobain..

    BalasHapus
  15. Selalu penasaran sama foundation padat karena selama ini selalu pakai yang cair. Kayaknya mau coba deh teh bagus yah, halal juga :D

    BalasHapus

Jangan lupa sertakan nama dan alamat blognya (kalo ada)