Kamis, 22 April 2021

10 Rekomendasi Music Untuk Penyemangat Berolah Raga

 



Siapa yang masih rajin berolah raga

Di tengah pandemi seperti sekarang ini mungkin kita jadi lebih khawatir untuk berolah raga di luar ruangan. Aku harap hal ini enggak menyurutkan semangat teman-teman untuk tetap rajin berolah raga.  Karena manfaatnya banyak sekali lho! Yang pasti badan terasa lebih sehat, memperbaiki mood yang mana bisa memperkuat imunitas tubuh. Salah satu rekreasi termurah yang bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing.

Kalau untukku, alasan terakhir salah satunya. Karena stuck di rumah, hanya keluar untuk keperluan penting saja. Jenuh sudah pasti karena sudah masuk tahun ke-2 rasanya belum aman dan nyaman untuk sering pergi keluar rumah. Aku sendiri mulai mau rajin olahraga sejak Oktober 2020, jadi ya sebenarnya masih baru juga sih ๐Ÿ˜†. Oke baiklah, daripada terlalu panjang nanti malah jadi curhat kali ini aku mau cerita tentang "soundtrack" yang senantiasa menemani ketika berolahraga.

FYI: sekarang aku lagi suka melakukan Yoga walau kadang diselingi dengan bodyweight workout atau cardio kecil-kecilan๐Ÿ˜†. Walau sebenarnya Yoga juga bisa termasuk olah raga yang mengandalkan beban tubuh sendiri. Karena itu yang aku rasakan, selain melatih keseimbangan dan fleksibilitas. Mungkin beberapa musik di playlist-ku ada yang agak kontra sama ber-yoga yang identik dengan musik-musik relaksasi, halus, selow, chill,,,dsb. Well, this is how I can get my sanity still on track ๐Ÿ˜Œ

Mari kita mulai saja karena daftarnya cukup panjang. Kalau kalian penasaran seperti apa bunyinya lagu-lagu ini, harap googling atau cari di Spotify (mungkin ada mungkin juga enggak ๐Ÿ˜†). Urutan ini bukan urutan ranking mana lalu paling baik atau bukan ya. It's just a number. 

1. Kyouran, hey kids! by Oral Cigarettes

    Salah satu opening soundtrack dari anime favoritku, Noragami. Arti dari "kyouran" adalah "menggila".      Atau kalau mau diartikan secara kasualnya sesuatu seperti 'let's get wild' mumpung masih muda.paham enggak kira-kira maksudnya? Lagunya lumayan cepat temponya cocok buat penambah semangat berolahraga. 

2. Therefore I am by Billie Eilish

Lagu ini rilis di akhir 2020 dan langsung jadi favoritku. Mbak Billie ini sudah lama kukagumi mulai dari debut albumnya "when we are fall asleep,where do we go?" Lagu-lagunya unik dan setiap pesan yang tersirat  rasanya jelas banget selain itu beberapa lau ada yang "aku banget".

3. Remember My Name by Fort Minor

Ada yang ingat grup band ini ? kalau iya berarti ada sudah cukup berumur ๐Ÿ˜, dan sayangnya kita satu angkatan ๐Ÿคง, tuanya. Kalau kalian tahu grup brand Linkin Park pasti tahu juga dong sama Mike Shinoda nah Fort Minor ini adalah semacam side project dari babang Mike. Lagu "Remember My Name" rilis di tahun 2005 dalam album "The Rising Tide"

4. Last Dance by Mamoru Miyano

Yang ini enggak usah di googling nanti kalian jatuh cinta ๐Ÿ˜†

5. Kizuato by Centimilimental/Given

Sebenernya ini lagu galau sih tapi upbeat dan kalau dibaca liriknya sama sekali enggak bikin semangat buat olah raga deh. Pengennya nangis dipojokan. Lagu ini adalah opening soundtrack lagi dari anime Given. Wait...sebelum men-judge genre apa anime ini, aku suka anime ini karena jalan ceritanya yang menurutku dalem banget. Kalau dilihat dari genre itu masalah selera sebenernya, tapi kalau aku lebih lihat dari jalan ceritanya, genre urusan nanti. 

6. Kaibutsu by Yosoabi

Kalau yang suka main Tik Tok pasti pernah pakai salah satu lagu dari band ini. Aku juga tahu band ini dari sana. Dan rata-rata lagunya memang easy listening, liriknya juga mudah dimengerti. Lagu ini lagi-lagi opening soundtrack anime "Beastar" ada di Netflix. Aku sendiri belum nonton sih. Arti dari lagu ini "Monster". Permainan drumnya yang bikin semangat.

7. Bleed It Out by Linkin Park

Lagu ini ada di album Minutes to Midnight yang diproduseri oleh Mike Shinoda. Kalau kangen sama teriakan-teriakan dari Babang Chester Benington (may he rest in peace) dengerin lagu ini. Kalau mau ikutan teriak juga boleh biar lega. 

8. Goya no Machiawase by Hello Sleepwalkers

Lagu ini sebenarnya masih satu paket sama no 1 dari anime yang sama cuma beda season aja. Lagu ini opening song dari season pertama sedangkan yang di nomer 1 itu season 2. Masih berharap ada season 3, semoga saja.

9. Trash Candy by Grand Rodeo

Mohon maaf nih kalau playlist di sini banyaknya lagu-lagu anime๐Ÿ˜†dalam proses menjadi wibu sepertinya. Ini sih belum seberapa, kalau tahu playlist spotify sama iTunes ๐Ÿ™ˆyaaa...gitu deeh. Udah terjebak di isekai nggak mau balik๐Ÿ˜†

10. Physical by Dua Lipa

Lagu dari album kedua yang berjudul Future Nostalgia rilis tahun 2020 enak banget buat temenin olah raga. Lagu ini sampai dibikin video musik dimana mbak Dua Lipa beraerobik ria bareng para dancernya. 

Beberapa lagu upbeat/rock memang agak berlawanan dengan latihan Yoga yang mana umumnya pakai musik/lagu yang lebih santai, lembut, tenang,selow dsb. Well, this is me, sebenarnya apa pun jenis musiknya itu membantu banget buatku untuk berkonsentrasi. Ada yang seperti ini juga enggak ya? Jadi aku bakal lebih fokus mengerjakan sesuatu yang butuh ketelitian atau ketekunan kalau sambil dengerin musik. 

Hal ini sudah terjadi sejak jaman masih sekolah dulu. Sayangnya jaman dulu earphone bluetooth masih belum terlalu booming seperti sekarang. Jadi enggak bisa dengerin musik di sekolah ๐Ÿ˜†.  Sebenarnya seberapa penting peran musik sebagai pengiring aktivitas olah raga? 

Menurutku sangat penting, selain membantuku berkonstrasi kalau ada musik rasanya lebih semangat olah raganya, bener enggak? Tapi semua kembali lagi sama kebiasaan masing-masing. Karena ini masalah selera. Mungkin ada orang yang suka yoga sambil sepi-sepi atau sebaliknya. Begitu juga dengan jenis olah raga lain. Yang penting kita berolah raga itu mencari kesenangan, kalau udah senang melakukannya diharapkan enggak malas lagi buat berolah raga.

Sekarang aku mau tahu playlist workout kalian, share di kolom komentar ya๐Ÿ˜˜










Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jangan lupa sertakan nama dan alamat blognya (kalo ada)